Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Dramatis, Enea Bastianini Akhirnya Tampil Sebagai Juara MotoGP Aragon

Dramatis Hingga Lap Akhir, Enea Bastianini Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Aragon

Hasil balapan GP Aragon ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP musim 2022 ini kembali menarik dan seru untuk disimak.

Autos.id – MotoGP musim 2022 memasuki seri ke 15 pada gelaran GP Aragon. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol pada Minggu (18/9/2022) berlangsung penuh drama dari awal hingga akhir balapan. Di seri kali ini, pembalap tim Gresini Ducati, Enea Bastianini keluar sebagai pemenang seri MotoGP Aragon, setelah menyalip calon rekan setimnya musim depan di Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia di akhir lomba.

Balapan GP Aragon juga diwarnai insiden yang melibatkan Marc Marquez yang mengalami insiden dengan Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami.

Dramatis Hingga Lap Akhir, Enea Bastianini Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Aragon

Detail Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland Aragon berlangsung selama 23 lap dalam kondisi cuaca cerah. Pada balapan kali ini, pembalap tim Repsol Honda, Marq Marquez kembali membalap setelah absen cukup lama karena proses pemulihan cederanya. Francesco Bagnaia yang start dari posisi terdepan berhasil mempertahankan posisinya selepas lampu start padam.

Baru memasuki tikungan ketiga pada lap pembuka, insiden melibatkan Marc Marquez dan pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Berusaha untuk menyalip Maqruez, Quartararo justru menyenggol bagian belakang motor Marquez dan membuat dirinya terjatuh. Akibat insiden tersebut praktis Quartararo langsung keluar dari balapan. Untungnya ia tidak mengalami cedera serius akibat insiden tersebut.

Masih di lap pembuka, tepatnya ditikungan kedelapam, Marquez kembali menjadi biang kerok. Kali ini pembalap tim LCR Honda, Taakaki Nakagami menyenggol bagian belakang motor Marquez. Sama seperti Quartararo, Nakagami juga langsung keluar dari balapan. Akibat terlibat 2 insiden terpisah tersebut membuat motor Marquez mengalami kerusakan yang cukup berarti sehingga ia masuk pit dan ia juga gagal melanjutkan balapan.

Dramatis Hingga Lap Akhir, Enea Bastianini Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Aragon

Setelah drama pada lap pembuka, Bagnaia masih memimpin diposisi terdepan hingga lap 8. Pada lap 9, Bagnaia harus turun ke posisi kedua setelah disalip Enea Bastiani setelah 1 lap sebelumnya menyalip Jack Miller (Ducati Lenovo). Lalu di lap yang sama Miller turun 1 posisi lagi setelag disalip oleh pembalap tim Red Bull KTM, Brad Binder.

Bastianini yang mengambil alih pimpinan lomba kembali harus merelakan posisi terdepannya dari Bagnaia 1 lap setelahnya. Memasuki lap-lap penentu, jarak antara kedua pembalap ini terus mendekat. Hingga akhirnya pada lap terakhir, Bastianini menyalip Bagnaia dari sisi dalam tikungan kedelapan memanfaatkan situasi ban Bagnaia yang sudah mulai aus.

Hingga akhir balapan, Bastianini keluar sebagai pemenang MotoGP Aragon kali ini mengalahkan Bagnaia. Melengkapi posisi podium ada pembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro yang berhasil mencuri 1 spot podium terakhir dengan menyalip Brad Binder di lap pamungkas dan menempati urutan ketiga. Dengan hasil ini membuat Ducati mengunci gelar klasmen konstruktor yang berhasil mereka pertahankan dari tahun lalu.

Dramatis Hingga Lap Akhir, Enea Bastianini Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Aragon

Untuk klasmen pembalap, perebutan gelar juara dunia menjadi semakin menarik. Fabio Quartararo yang gagal finish masih berada diurutan pertama dengan 211 poin. Namun Quartararo hanya unggul 10 poin atas Francesco Bagnaia dengan 201 poin. Aleix Espargaro juga masih berpeluang menjadi juara dunia karena sudah mengumpulkan 194 poin alias hanya ketinggalan 7 poin dari Bagnaia. Sedangkan Enea Bastianini masih berada diposisi 4 klasmen dengan 163 poin.

Seri MotoGP 2022 selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi pada gelaran GP Jepang. Balapan GP Jepang sendiri merupakan lanjutan dari rangkaian triple header atau 3 balapan beruntun dari Aragaon ini hingga GP Thailand. Pada event balap yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 September mendatang merupakan balapan kandang bagi pabrikan Honda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Gagal finishnya Francesco Bagnaia serta kemenangan perdanan Jack Miller dimusim ini menjadi warna pada gelaran MotoGP Jepang 2022 kali ini. Autos.id – MotoGP musim...

Balap

Ini merupakan kemenangan keempat beruntun dari Francesco Bagnaia dan semakin mendekatkan dirinya dengan Fabio Quartararo yang masih memimpin klasmen. Autos.id – Pembalap tim Ducati...

Balap

Ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun bagi Francesco Bagnaia dalam 3 balapan terakhir dan menjadi pembalap ketiga Ducati yang bisa meraih 3 kemenangan beruntun....

Balap

Kemenangan pada GP Inggris ini merupakan kemenangan keempat yang diraih oleh Francesco Bagnaia sepanjang MotoGP musim 2022 kali ini. Autos.id – Setelah libur paruh...