Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Berlangsung Seru, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Juara MotoGP Inggris

Berlangsung Seru, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Inggris

Kemenangan pada GP Inggris ini merupakan kemenangan keempat yang diraih oleh Francesco Bagnaia sepanjang MotoGP musim 2022 kali ini.

Autos.id – Setelah libur paruh musim selama sebulan, lanjutan MotoGP musim 2022 berlanjut di GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone. Pada balapan yang berlangsung pada Minggu (7/8/2022) waktu setempat, Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang MotoGP Inggris kali ini. Pembalap tim Ducati Lenovo ini berhasil mengalahkan pembalap tim Aprilia, Maverick Vinales dalam duel pada lap-lap akhir.

Melengkapi podium pada balapan kali ini ada rekan setim Bagnaia di tim Ducati Lenovo, Jack Miller yang berhasil meraih podium ketiga.

Berlangsung Seru, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Inggris

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Inggris kali ini berlangsung selama 20 lap dalam kondisi cuaca yang cerah. Selepas start, pembalap tim Pramac Ducati Johann Zarco yang start dari pole position berhasil mempertahankan posisi pertamanya. Lalu dibelakangnya ada compatriot senegaranya, Fabio Quartararo yang menempel dibelakangnya.

Namun memasuki lap keempat, juara dunia musim lalu yang membela tim Monster Energy Yamaha ini harus menjalani Long Lap Penalty imbas dari insiden di GP Belanda sebelumnya. Hal tersebut membuat pembalap yang saat ini juga memimpin klasmen ini melorot ke posisi keempat.

Memaskuki lap kelima, nasib sial menghampiri Johann Zarco. Tengah memimpin balapan, pembalap asal Prancis ini terjatuh di tikungan kedepanan dan tidak bisa melanjutkan balapan. Dengan jatuhnya Zarco, praktis pimpinan balapan berlaih ke Miller. Pembalap tim Ducati Lenovo ini mencoba untuk terus memperlebar jarak dengan pembalap didepannya.

Pembalap asal Australia ini mendapat perlawanan ketat dari pemalap tim Suzuki Ecstar, Alex Rins. Pembalap yang start dari posisi 11 ini berhasil menyalip Miller di lap keenam dan memimpin balapan. Lalu satu lap setelahnya, Bagnaia berhasil menyalip rekan setimnya tersebut dan mulai mengejar Alex Rins yang ada di posisi terdepan.

Usaha Bagnaia untuk menyalip Rins membuahkan hasil pada lap ke 12. Lalu dua lap setelahnya, Miller kembali menyalip Rins dan membuat Ducati berada diposisi 1 dan 2. Lalu pada lap ke 14, Joan Mir yang sedang berada di posisi 5 besar terjatuh ditikungan ketujuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Ketika balapan menyisakan 3 lap, Maverick Vinales sudah berada diposisi ketiga dan tepat dibelakang kedua pembalap Ducati. Lalu pada lap ke 18 atau 2 lap tersisa, Vinalles berhasil menyalip Miller dan mulai mengejar Bagnaia untuk bisa mencuri kemenangan. Namun usaha pembalap asal Spanyol ini untuki menyalip Bagnaia gagal membuahkan hasil hingga balapan usai.

Berlangsung Seru, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Inggris

Setelah melalui pertarungan yang cukup ketat, Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang MotoGP Inggris kali ini. Disusul Vinales dan Miller yang menginci posisi podium kedua dan ketiga. Posisi keempat diraih oleh pembalap tim Gresini Ducati, Enea Bastianini, serta pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin yang mengunci posisi 5 besar.

Pemuncak klasmen sementara, Fabio Quartararo kali ini harus puas finish diposisi 8. Meskipun begitu, ia masih mempertahankan posisi puncak klasmennya dari rival terdekatnya, pembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro yang kali ini harus puas finish 1 posisi dibelakang Quartararo. Lalu berkat kemenangan kali ini, Bagnaia mulai mendekatkan diri ke Quartarao dan Espargarro yang masih menjadi 2 pembalap teratas klasmen dan kembali meramaikan persaingan gelar juara dunia.

Seri MotoGP berikutnya akan berlangsung di GP Austria di Sirkuit Red Bull Ring pada 19 hingga 21 Agustus mendatang. Dan balapan GP Austria mendatang juga sangat menarik untuk dinantikan mengingat seri ini selalu menghadirkan drama menarik pada setiap edisinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Dengan hasil balapan MotoGP Thailand 2022 ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia musim 2022 ini kembali menjadi lebih seru dan ketat. Autos.id –...

Balap

Gagal finishnya Francesco Bagnaia serta kemenangan perdanan Jack Miller dimusim ini menjadi warna pada gelaran MotoGP Jepang 2022 kali ini. Autos.id – MotoGP musim...

Balap

Hasil balapan GP Aragon ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP musim 2022 ini kembali menarik dan seru untuk disimak. Autos.id – MotoGP...

Balap

Ini merupakan kemenangan keempat beruntun dari Francesco Bagnaia dan semakin mendekatkan dirinya dengan Fabio Quartararo yang masih memimpin klasmen. Autos.id – Pembalap tim Ducati...