Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

TyrePal Alat Deteksi Ban Khusus Truk Biar Lebih Safety

TyrePal

TyrePal merupakan alat pendeteksi ban terbaru yang bisa dipasang pada ban kendaraan komersial seperti truk untuk memantau kondisi ban kepada pengemudi.

Jakarta, Autos.id – “Masa Puasa” kendaraan komersial di lintasan Pulau Jawa dan Sumatera telah berakhir seiring arus balik liburan Lebaran 2016 yang juga berakhir awal pekan ini. Sepekan tak beroperasi diharapkan semua komponen truk telah dipersiapkan dengan baik untuk kembali beraktifitas seperti biasa.

Membawa muatan melebihi kapasitas kendaraan, sudah jadi kebiasaan para crew truk, apalagi jarang ada sanksi tegas dari pihak berwajib atau aturan internal perusahaan pemilik jasa angkutan truk. Hal ini yang kerap membuat beberapa truk terguling diberbagai lintasan jalan.

Alpa memeriksa kondisi ban seakan jadi hal lumrah sehingga kerap ban truk bisa meledak sewaktu-waktu. Untuk itu sebuah alat monitoring tekanan ban bernama TyrePal bisa menjadi bagian dari kelengkapan truk untuk memberi signal tentang kondisi ban.

“Alat pemantau ban ini dilengkapi dengan penanda berwarna yang memberikan signal secara otomatis dan kontinu yang dapat membuat sopir truk menyesuaikan perilaku berkendaranya dengan kondisi jalan dan tekanan ban secara bersamaan”

Dilansir Transport Engineer, (14/7/2016) TyrePal yang baru diluncurkan sangat membantu para sopir karenadapat diakses melalui smartphone untuk dapat mengirimkan kondisi tekanan ban pada pengemudi truk.

Tidak hanya itu, alat pemantau ban ini dilengkapi dengan penanda berwarna yang memberikan signal secara otomatis dan kontinu yang dapat membuat sopir truk menyesuaikan perilaku berkendaranya dengan kondisi jalan dan tekanan ban secara bersamaan.

TyrePal

Beban Ban Akan Semakin Berat Jika Kelebihan Muatan

Peter Tillotson, Manajer Pengembangan Bisnis TyrePal mengatakan adalah kesalahan umum jika kegagalan kerja ban kendaraan komersial tidak dapat dihindarkan karena berbagai kondisi, padahal segala antisipasi bisa dilakukan mulai dari perilaku hingga penggunaan alat bantu.

“Alat ini untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk seperti ledakan pada ban truk karena berbagai alasan mulai dari kelebihan muatan, atau jalan berlubang. Semua bisa diantisipasi,” tukasnya.

Jika TyrePal masuk Indonesia, alat bantu monitoring tekanan dan kondisi ban ini, setidaknya bisa menjadi senjata untuk mengurangi berbagai trouble truk dijalan karena masalah kelebihan muatan truk.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Michelin membuka program Michelin4Indonesia, yakni sebuah cerita pengalaman pribadi para sopir truk yang menggunakan ban Michelin dan menerapkan safety driving. Jakarta, Autos.id – Kepedulian...

Aksesoris

Last updated on 12 September, 2017 Goodyear Indonesia perkenalkan ban baru untuk truk dan mobil SUV. Ban Goodyear ini didukung dengan teknologi mumpuni untuk...

Aksesoris

Last updated on 19 Mei, 2016 Michelin XZY 3 HD dan Michelin XDY 3 HD merupakan dua ban truk Michelin terbaru yang diklaim berdaya...