Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Mengenal Gasket Mobil Beserta Fungsi dan Ciri Kerusakannya!

Gasket mobil
Gasket mobil

Gasket mobil, komponen kecil namun vital ini digunakan sebagai penyekat proses pembakaran internal yang memungkinkan cairan pendingin dan oli mengalir ke seluruh mesin untuk mendinginkan dan melumasi.

Jakarta, Autos.id  –  Kendaraan modern biasanya diproduksi dengan blok mesin dan kepala silinder dibaut di atasnya yang membuat gasket mobil menjadi segel yang penting. Komponen penting ini terletak di antara blok mesin dan kepala silinder. Gasket mobil adalah penyekat blok mesin untuk mesin pembakaran internal, dirancang dengan lubang silinder untuk menampung piston. Komponen kecil namun vital ini digunakan sebagai penyekat mesin dalam proses pembakaran internal yang memungkinkan cairan pendingin dan oli mengalir ke seluruh mesin untuk mendinginkan dan melumasi. Artinya, ketika terjadi kebocoran pada gas, itu bisa menimbulkan masalah besar bagi mesin.

Gejala gasket mobil pecah cukup mudah dikenali dan perlu diperbaiki dengan cepat untuk mencegah kerusakan pada mesin Anda. Berikut artikel dibawah ini, akan membantu Anda memahami apa itu gasket mobil, apa fungsinya, dan bagaimana ciri-ciri kerusakannya.

Apa Itu Gasket Mobil?

Selain menjadi penyekat bagian pembakaran mesin agar oli dan cairan pendingin dapat bersirkulasi, gasket mobil juga sebagai penyekat ruang bakar di dalam mesin. Hal ini memungkinkan kendaraan menghasilkan tenaga yang cukup untuk bergerak maju, serta mencegah gas berbahaya keluar dari ruang bakar dengan mengarahkannya melalui sistem pembuangan. Gasket pada kendaraan modern terdiri dari beberapa lapis bahan baja yang diikat dengan elastomer, membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Gasket mobil berlapis baja

Gasket mobil berlapis baja

Kendaraan yang diproduksi di masa lalu dilengkapi dengan gasket yang dibuat dari grafit atau asbes. Sebagai perbandingan, gasket mobil saat ini lebih baik karena kurang rentan terhadap kebocoran dan memiliki sedikit atau tidak ada risiko kerusakan dibandingkan dengan gasket mobil yang diproduksi oleh asbes. Gasket mobil adalah bahan penyekat dan bantalan yang sering ditempatkan di antara dua permukaan yang dihubungkan dengan baut. Mekanik biasanya mengganti gasket saat melakukan pekerjaan besar pada mesin.

Gasket adalah komponen vital dalam mesin yang mudah terbakar. Gasket memastikan tekanan yang dihasilkan dari pengapian busi dari uap bahan bakar tetap berada di dalam ruang bakar. Ruang bakar berisi piston dan membutuhkan tekanan yang tinggi untuk memastikan piston terus menyala dengan tepat.

Selain itu, oli dan cairan pendingin memiliki pekerjaan yang sama pentingnya. Namun, untuk melakukan tugasnya secara efisien, keduanya tidak dapat bercampur. Maka dari itu, gasket menjaga ruang terpisah untuk memastikan tidak ada kontaminasi silang antara cairan pendingin dan oli.

Fungsi gasket pada mobil

Fungsi gasket pada mobil

Apa Fungsi Gasket Mobil?

Gasket ini harus mampu menjaga kebutuhan penyekatan mesin sehingga mencegah kebocoran antara dua bagian mesin yang penting saat mengalami proses kompresi. Sederhananya, fungsi dari gasket adalah sebagai penyekat silinder untuk memastikan kualitas kompresi maksimum. Gasket mobil terkena beberapa elemen kendaraan, yaitu air, oli, gas buang, dan bahan bakar.

Pentingnya gasket ditunjukkan oleh fakta bahwa ia mengandung rasio kompresi di dalam ruang bakar mobil Anda. Selain itu, gasket melakukan tugasnya untuk memisahkan aliran oli dan air yang melewati blok dan kepala silinder mesin.

Apa yang Menyebabkan Gesket Mobil Rusak?

Penyebab paling umum dari kerusakan gasket sering kali disebabkan oleh mesin yang terlalu panas atau overheat. Temperatur mesin yang tinggi biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan pendingin di dalam radiator, biasanya karena adanya kebocoran. Beberapa gasket cenderung melemah lebih cepat daripada yang lain tergantung pada bahannya.

Misalnya aluminium, ia akan mengembang lebih cepat saat dipanaskan. Logam yang memiliki laju ekspansi termal lebih tinggi akan lebih sensitif terhadap panas. Suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan objek berubah bentuk, menghasilkan efek yang tidak menguntungkan. Ekspansi dan distorsi kepala silinder akibat panas melemahkan integritasnya sehingga mencegah gasket menyekat mesin dengan benar.

Mesin yang overheat

Gasket rusak disebabkan mesin yang overheat

Ketika gasket mobil rusak atau pecah, sangat penting untuk Anda segera mengatasinya. Jika Anda terus mengoperasikan kendaraan dengan gasket yang bocor dapat menyebabkan kerusakan mesin yang serius dan tidak dapat diperbaiki. Karena gasket digunakan sebagai penyekat, menjaga tekanan adalah kunci tenaga mesin.

Setelah gasket rusak, gasket tidak lagi dapat bertindak sebagai penyekat dan akan memungkinkan tekanan keluar, secara signifikan mengurangi tenaga mesin. Selain itu, saluran oli dan cairan pendingin mungkin mulai bocor ke area yang tidak seharusnya. Saat cairan pendingin masuk ke ruang bakar, cairan ini akan mencampur dan mengencerkan oli mesin sekaligus menurunkan kemampuan pendinginan sistem pendingin yang dapat menyebabkan mesin terlalu panas.

Ciri-ciri Kerusakan Gasket Mobil

Mesin mobil bergantung pada tiga cairan vital agar mobil bisa berfungsi, yaitu bahan bakar, cairan pendingin, dan oli mesin. Jika gasket rusak, semua cairan tadi dapat masuk atau keluar dari ruang bakar. Anda mungkin akan mengalami beberapa atau semua hal berikut:

  • Mesin terlalu panas
    Hal ini disebabkan oleh kekurangan atau berkurangnya cairan pendingin. Selain itu, kemungkinan disebabkan oleh hidrokarbon yang masuk ke sistem pendingin.
  • Asap putih, biru, atau abu-abu
    Tanda keluarnya asap dengan warna tertentu menunjukkan cairan pendingin atau oli telah masuk ke ruang bakar.
  • Kehilangan Daya
    Akibat kurangnya kompresi yang mengakibatkan sputtering, tenaga dan bahan bakar mengalami pengurangan efisiensi.
  • Oli Berubah Warna
    Oli yang terlihat seperti susu cokelat menunjukkan pencampuran cairan pendingin dengan oli di mesin.
Gantilah gasket secara berkala

Gantilah gasket secara berkala

Kesimpulan: Gasket Mobil Itu Penting

Kerusakan parah pada mesin sebagai akibat dari gasket mobil yang rusak adalah jenis masalah mesin yang paling tidak menguntungkan. Gasket rusak yang diabaikan mungkin memerlukan perbaikan blok mesin, kepala silinder, atau bahkan penggantian mesin lengkap. Jika Anda melihat salah satu gejala yang mungkin mengindikasikan bahwa kendaraan Anda telah mengalami kerusakan gasket, jangan menunggu untuk melakukan pemeriksaan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Aksesoris

FRIT BAND YANG KEBERADAANNYA DISEPELEKAN NAMUN MEMILIKI FUNGSI PENTING UNTUK MOBIL Jakarta, Autos – Coba amati kembali kaca mobil Anda, apakah ada garis atau...

Aksesoris

Asuka Car TV PTA-310 TV merupakan headunit terbaru dari Asuka yang memiliki fitur digital car TV sekaligus smartphone mirroring untuk mengakses menu-menu pada ponsel....

Aksesoris

Asuka A-Cast merupakan sebuah smartphone mirroring box yang bisa dikoneksikan dengan headunit bawaan mobil sehingga dapat mengakses fitur pada ponsel Anda. Jakarta, Autos.id –...

Aksesoris

Amway Atmosphere Drive merupakan alat penyaring udara untuk pengguna mobil yang terhubung secara mudah dengan colokan pemantik rokok (lighter plug) 12V. Jakarta, Autos.id –...