Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Abenk Racing Exhaust Knalpot Racing Asal Bogor

Jakarta, Autos.id – Knalpot racing asal Bogor yang satu ini tak kalah dengan knalpot buatan pabrikan aftermarket besar. Namanya Abenk Racing Exhaust yang pembuatannya berlokasi di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Abenk sang pencetus ide produk knalpot racing untuk motor ini bertutur kepada Autos.id jika keterampilannya mendesain knalpot motor didapat sejak ia kecil. “Awalnya dulu bapak saya tukang las di Purbalingga, saya pun diajarkan teknik pengelasan darinya,” ucap Abenk ketika ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 beberapa waktu lalu.

Hasil keterampilan pengelasan itulah yang kemudian katanya berkembang jadi pembuatan produk-produk otomotif. “Salah satunya ya knalpot ini, awalnya saya bikin knalpot buat mobil juga tapi sekarang fokus ke knalpot motor karena kalau fokus tentu pekerjaan juga bisa lebih maksimal,” ucap dia.

Tumbuh di Kota Jawa Tengah itu kemudian Abenk pindah ke daerah Cimahpar, Bogor, Jawa Barat. Di sinilah ia kemudian mematenkan merek dagang Abenk Racing Exhaust. “Saya datang sendiri ke kantor HAKI untuk mematenkan merek saya, karena ternyata ada juga yang pakai merek ini untuk produk knalpot,” lanjut pria ramah itu.

Membuka Workshop Bareng Sang Putri

Membuka Workshop Bareng Sang Putri

Dirinya pun menjabarkan kalau spesialisasi knalpot Abenk Racing Exhaust ada pada pemasangan yang presisi mengikuti kontur motor serta sambungan yang kuat tidak gampang patah. Produk yang ia sediakan pun beragam mulai dari motor 2-tak seperti Vespa, Yamaha RX-King, atau Kawasaki Ninja 2-Tak, motor-motor skutik, sampai motor sport macam Ninja 250R atau Yamaha R25.

Banyak juga tim balap yang diakui Abenk telah menggunakan produknya. “Mereka senang datang ke workshop kita karena disini kita bisa atur mau tarikan instan di RPM bawah atau gimana, mau suara keras atau kering, semua bisa diatur,” katanya. Soal keluaran suara, Abenk yang membuka usaha bersama putrinya itu pun dapat mengatur untuk kebutuhan harian. “Biasanya kalau yang pakai harian mau sekedar suara besar,” kata Abenk.

Bahan Stailness dan Galvanis

Bahan Stainless dan Galvanis

Untuk harga, konsumen Abenk Racing Exhaust biasanya diminta mendatangkan motor yang ingin diganti knalpotnya. Motor skutik seperti Honda BeAT, Yamaha Mio dipatok mulai Rp 650 ribu, sementara untuk motor sport paling murah Rp 750 ribu. “Bahan yang dipakai bisa galvanis atau stainless, kalau untuk racing lebih bagus stainless karena cepat menguap panas. Kalau kenaikan Hp bisa 2 Hp setelah ganti knalpot,” tukasnya.

Abenk Racing Exhaust
Jl. Tumenggung Wiradiredja No. 98 Cimahpar Bogor, Jawa Barat
Telp: 081226632222

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Mesin sepeda motor tentunya sangat jelas memiliki panas yang tinggi apalagi pada knalpotnya. Autos.id – Bahkan hampir semua pengendara sepeda motor yang ada di luar...

Aksesoris

Dua knalpot terbaru untuk sepeda motor Aprilia Tuareg 660 di tahun 2022 mendapat dengan sentuhan retro Autos.id  – Seri kelas menengah Aprilia yang dibangun...

Aksesoris

Perusahaan Exan kini menghadirkan 4 varian knalpot terbaru untuk motor Yamaha Tenere 700. Autos.id – Jenis knalpot Exan, tentunya sudah di setujui Euro 5 untuk Yamaha...

Aksesoris

Polini sudah merilis knalpot terbaru yang mempertahankan estetik klasik dan mempunyai gaya vintage skuter dan hanya untuk model 50 cc dan 125cc. Autos.id – Vespa memang...