Connect with us

Hi, what are you looking for?

Volvo

Volvo Dynamic Steering Membuat Kemudi Truk Jadi Ringan

Volvo Dynamic Steering bekerja pada sistem kemudi mekanis konvensional, pada poros terhubung ke roda kemudi

Jakarta, Autos.id  –  Mengendalikan truk dengan tubuh raksasa dengan bobot dalam hitungan ton, jelas bukan pekerjaan gampang. Volvo Trucks Indonesia memperkenalkan inovasi terkini yang disebut Volvo Dynamic Steering. Teknologi membuat kemudi truk lebih ringan dan mudah dikendalikan pengemudi.

MEREDAM HENTAKAN

Volvo Dymanic Steering ini menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi. Sistem ini mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85% dan meredam hentakan akibat lubang, jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman. Hasilnya, pengemudian truk menjadi presisi dan aman.

“Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia di setiap kondisi operasi.  Di jalan bebas hambatan, sistem Volvo Dynamic Steering memberikan stabilitas arah kendaraan yang tak tertandingi.  Di jalan “off-road”, pada kecepatan rendah, truk yang penuh muatan pun  akan sangat mudah dikendalikan,” kata Jurn Terpstra, MD, Volvo Trucks Indonesia di Sentul baru-baru ini.

Volvo Lakukan Serah Terima 1000 Truk FH16 dan Bus B11R untuk Transjakarta

Unit servo hidrolik menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Motor listrik ini bekerja sama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik tergantung kondisi berkendara dengan diatur oleh unit kontrol elektronik.

SISTEM KEMUDI LEBIH NYAMAN

Pada kecepatan rendah, motor listrik menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan lebih tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukan kompensasi atas tekanan yang terjadi pada roda kemudi, misalnya akibat dorongan angin samping atau permukaan jalan yang tidak rata.

Di Indonesia, fitur ini tersedia untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6×4) dan poros depan ganda (8×4), namun  untuk belum tersedia untuk truk all-wheel drive (dengan daya penggerak di semua roda). Saat ini truck dengan Volvo Dynamic Steering sudah digunakan di pertambangan batu bara di Kalimantan.

“Dalam salah satu survei yang kami lakukan sebelumnya, empat dari sepuluh pengemudi mengeluhkan nyeri di punggung, leher, bahu atau lengan setiap minggunya. Dengan sistem kemudi ini, kondisi mengemudi yang lebih nyaman,” pungkas Jurn.

Geely Ingin Volvo Truck Saingi Tesla untuk Buat Truk Listrik

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Volvo

Last updated on 23 September, 2019 Jakarta, Autos.id  – Volvo Group menghadirkan beberapa produk unggulannya di ajang Mining Indonesia 2019 yang diselenggarakan pada 18-21...

error: Content is protected !!