Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Skutik 125 cc: Vespa LX vs Benelli Panarea 2021

Vespa LX vs Benelli Panarea
Vespa LX vs Benelli Panarea

Setelah sekian lama pasar motor skutik retro-modern dikuasai oleh Vespa, kini Benelli mengeluarkan varian terbaru yang dirumorkan pesaing baru Vespa LX, Benelli Panarea namanya.

Jakarta, Autos.id  –  Sejak tahun 1950an, pasar otomotif roda dua segmen skutik retro-modern di Indonesia dipegang oleh produk Vespa, salah satunya Vespa LX. Bukan hanya digunakan sebagai kendaraan komersil sehari-hari, tapi hampir semua varian Vespa dibuat untuk memenuhi lifestyle manusia modern. Misalnya, untuk sunmori (sunday morning ride), aktivitas klub motor, hingga objek koleksi semata. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya lifestyle atau mode yang kembali ke masa-masa retro, salah satunya memiliki motor skutik retro.

Khususnya seri Vespa yang baru meluncur di Indonesia pada 2011, Vespa LX, menjadi pilihan primadona baru bagi pecinta motor skutik. Namun, pada April 2021 kemarin, Indonesia kedatangan koleksi motor skutik baru dari brand Benelli, yaitu Panarea. Hal ini membuat banyak pengamat otomotif berspekulasi bahwa Benelli Panarea akan menjadi saingan berat Vespa LX. Apalagi keduanya sama-sama memiliki varian 125 cc dengan perbedaan harga yang cukup signifikan.

Jika Anda sedang mencari motor skutik retro dengan kapasitas mesin tak terlalu besar, Vespa LX dan Benelli Panarea bisa jadi pilihan. Tapi, bagaimana hasil rincian perbandingan kedua motor asal Italia ini (walau Benelli kini diakuisisi oleh brand China, Geely)? Kira-kira mana yang lebih worth to buy versi Anda? Mari kita cari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini!

Mesin Seminimalis Tampilan Motor

Seperti yang sudah sempat disebutkan di awal artikel ini, kedua motor ini memiliki kubikasi mesin 125 cc. Tapi pastinya, antara Vespa LX dan Benelli Panarea punya perbedaan spesifikasi mesin yang boleh diadu.

Vespa LX memiliki tipe mesin 124,5 cc 4-stroke, 1-cylinder, 3-valves bertransmisi automatic CVT. Koleksi motor Vespa ini sudah dilengkapi sistem pendingin sirkulasi udara tekan dengan sistem pembakaran electronic injection yang sudah terstandar emisi EURO 3. Mesin motor tersebut membuat varian LX dapat menghasilkan tenaga hingga 10,2 hp pada 7.600 rpm dan torsi maksimal 10,2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin itu dapat bekerja selama motor diberi bahan bakar yang ditampung pada tangki berkapasitas 7 liter.

Performa mesin Vespa LX vs Benelli Panarea

Performa mesin Vespa LX vs Benelli Panarea

Dibandingkan dengan Benelli Panarea, Vespa LX punya mesin juara. Sebab, Panarea dibekali mesin tipe 124 cc 1-cylinder bertransmisi automatic dan sistem pembakaran mesin injection. Alhasil, performa motor Panarea sedikit di bawah LX yang mana memiliki tenaga maksimal 8,4 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,2 Nm pada 6.000 rpm.

Fitur Istimewa Untuk Kesan Klasik

Sebagai motor skuter matic, baik Vespa LX dan Benelli Panarea dilengkapi fitur kenyamanan serta keselamatan yang patut diacungi jempol. Pertama dari Vespa LX, adapun rincian fitur yang ia miliki adalah:

  • Lampu LED daytime dan front lamp
  • Kaca spion berbahan chrome
  • Pelindung knalpot lateral
  • Footrest datar untuk pengemudi
  • USB Port
  • Immobilizer Anti-Theft
Fitur Vespa LX

Fitur Vespa LX

Baca Juga: Harga Motor Vespa Terbaru Oktober 2021

Untuk Benelli Panarea sendiri kami tidak menemukan banyak fitur yang terpasang di motor. Namun tetap saja ada beberapa fitur standar yang bisa di-review kali ini, yaitu:

  • Lampu Full LED
  • Speedometer digital-analog klasik
  • Lampu hazard
  • Switch engine cut off
  • USB Port
  • Kunci motor berpengaman magnet
Fitur Benelli Panarea

Fitur Benelli Panarea

Desain Andalan Khas Motor Skutik Retro yang Ramping

Sesuai dengan subjudul di atas, desain yang paling terlihat adalah kedua motor ini menghadirkan retro-modern style dengan keunikannya masing-masing.

Vespa LX mengklaim dirinya sebagai motor skuter klasik timeless berdesain fresh untuk anak muda. Bodinya mencerminkan style khas Vespa yang klasik dan elegan dengan bodi pelat motor menyatu dengan sasis. Lalu bodinya juga masih terlihat bulat seperti pendahulunya dengan lekukan bodi yang samar-samar. Di atas kertas, LX memiliki dimensi ukuran 1.770 x 705 mm dengan tinggi jok 785 mm. Ia juga memiliki jarak wheelbase sekitar 1.280 mm.

Di samping itu, desain terbarunya LX lebih segar dengan tetap mengaplikasikan panel instrumen dan detail lainnya yaitu:

  • Desain velg
  • Front tie
  • Kaca spion
  • Rear lamp
  • Pelindung panas
Desain Vespa LX

Desain Vespa LX

Vespa LX memiliki lima varian warna eye catching, yaitu Yellow Lime,Orange Corallo, Blue Capri, Red Passione, dan Black Vulcano.

Sedangkan sebagian besar desain Benelli Panarea juga mengusung tampilan retro-modern yang elegan dengan bodi yang membulat. Peleknya yang multi-spoke dan jok berlapis kulit dengan corak unik membuat tampilan motor ini terkesan mewah. Walaupun hampir seluruh bodi terbuat dari bahan plastik. Lalu dimensi ukuran Panarea lebih panjang namun lebih ramping, yaitu 1.825 x 685 mm dengan wheelbase 1.270 mm. Benelli Panarea juga memiliki tiga varian warna, yaitu Black, White, dan Yellow.

Desain Benelli Panarea

Desain Benelli Panarea

Kesimpulan: Apakah Keunggulan Masing-Masing Motor Sepadan Dengan Harga yang Ditawarkan?

Bagaimana, apakah Anda sudah bisa menentukan mana motor skutik retro-modern terbaik antara Vespa LX dan Benelli Panarea? Dengan karakteristiknya masing-masing, keduanya memang pantas dibandingkan. Walaupun kita bisa menyimpulkan bahwa LX lebih juara dalam hal performa mesin dan desain original.

Tapi, kalau urusan harga, Panarea punya harga yang jauh lebih murah dibandingkan LX. Rinciannya sebagai berikut.

Vespa LX 125 i-Get: Rp 38,7 juta
Benelli Panarea 125 2021: Rp 24,8 juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Setelah Jakarta, Surabaya dan Denpasar, kini Dealer Premium Motoplex 4 brand terbaru semakin diperkuat dengan kehadiran di Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta, Autos.id  –  Bersama...

Reviews

Classic 500 Tribute Black merupakan peringatan Akhir Produksi Sepeda Motor Edisi Terbatas Jakarta, Autos.id  –  Royal Enfield, pemimpin global di segmen sepeda motor ukuran...

Reviews

Dua produk terbaru ini dihadirkan sesuai dengan kebutuhan konsumen Tangerang, Autos.id  –  Kemarin, (Sabru, 13/11), PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara resmi memperkenalkan...

Reviews

Last updated on 14 November, 2021Disebut FF (Finest Form) karena total terdapat 13 pengembangan baru pada All New Ertiga Suzuki Sport FF Tangerang, Autos.id...