Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan Dengan Jumlah Terbatas!

Versi kencang yang terinpirasi ajang WRC akhirnya hadir di Indonesia dalam jumlah yang sangat terbatas yaitu hanya 126 unit.

Jakarta, Autos.id  –  Toyota GR Yaris dikembangkan langsung oleh Toyota Gazoo Racing berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Toyota dari berbagai ajang balap reli dunia untuk memenangkan ajang World Rally Championship (WRC), pure sport model Toyota GR Yaris akan segera mengaspal di Indonesia. Seperti diketahui, Toyota GR Yaris adalah produk global yang dibangun dengan tujuan utama untuk membuat ever-better car berdasarkan filosofi refine people and refine cars.

Selain itu, dikutip dari Sheva.id, Toyota GR Yaris dikembangkan melalui kerja sama dengan pengemudi profesional di berbagai jalan di seluruh dunia. Dalam setiap tahap pengembangannya, pengemudi profesional termasuk Akio Toyoda sebagai Toyota Master Driver.

“Toyota GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pada pabrik Toyota di  Motomachi yang dikenal memiliki sejarah yang panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota. Proses perakitannya langsung dilakukan oleh anggota tim Takumi, yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi. “Mobil ini adalah sebuah pure sport model yang memiliki built quality yang baik dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan,” terang. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima.

Eksterior Toyota GR Yaris

Dari segi eksterior, Toyota GR Yaris yang sudah diluncurkan oleh Toyota Global tahun 2020 lalu dikemas dengan fokus yang tercurahkan pada aerodinamika, bobot yang ringan dan center of gravity yang rendah. Salah satu yang menonjol adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada bagian atapnya yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

Mesin Toyota GR Yaris

Sementara di bagian mesin, Toyota GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS yang dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan. Toyota menyebutnya dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai 261 PS pada 6.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya 60 Nm pada 3.000-4.000 rpm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode GR-Four untuk mendukung sensasi berkendara yang menyenangkan di segala situasi dan dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya berkendara pengemudinya. Pada bagian kaki-kaki, Toyota GR Yaris menggunakan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake.

Unit terbatas

Secara global, Toyota GR Yaris hanya diproduksi sebanyak 25.000 unit untuk untuk dapat berkompetisi di ajang World Rally Championship (WRC). Bahkan Di Inggris, Toyota GR Yaris menyabet penghargaan UK Car of the Year (UK-COTY) untuk tahun 2021. Sebagai salah satu negara yang dikenal aktif dalam berpartisipasi pada ajang kompetisi balap baik nasional maupun internasional, Indonesia mendapatkan alokasi Toyota GR Yaris sebanyak 126 unit. Di Indonesia, Toyota GR Yaris akan mulai dapat dipesan mulai 25 Maret 2021 mendatang dengan mengajukan form booking di dealer Toyota terdekat.

“Sejak diluncurkan oleh Toyota global pada tahun 2020 lalu, Toyota GR Yaris mendapat sambutan yang luar biasa dari banyak masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Sebagai wujud apresasi kami akan segera menghadirkan Toyota GR Yaris untuk masyarakat Indonesia dalam waktu dekat dengan jumlah unit yang cukup terbatas yaitu hanya 126 unit,” ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Harga Toyota GR Yaris

“Harga range yang kita targetkan mudah-mudahan tidak banyak berubah, yaitu mencapai Rp 750-850 juta. Untuk harga ini banyak yang harus dilihat dan harga ini lebih kompetitif dibandingkan negara lain yang melepas diatas Rp 1 miliaran,” tutup Anton.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Reviews

All New Kijang Innova Zenix Hadir dengan Teknologi Toyota Hybrid System Generasi Ke-5 Jakarta Autos.id  –  Mengusung tagline Cross Into The New Energy, PT...

Mobil

Nantinya teknologi mengemudi sendiri di trek balap ini menjadi salah satu inovasi terbaru yang mungkin belum pernah dilakukan oleh pabrikan manapun. Autos.id – Toyota...

Reviews

Battery EV Toyota Pertama di Indonesia dan pilihan terbaru elektrifikasi Toyota guna mendukung mobilitas zero emission Jakarta, Autos.id  –  Hari ini, Kamis (10/11) PT...