Tips

Waktu yang Ideal untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil

Untuk memaksimalkan kinerja ban mobil, maka perlu dilakukan rotasi pada komponen ini. Tapi, kapan waktu yang ideal untuk melakukannya?.

Jakarta, Autos.id – Buat yang belum tahu, ban mobil perlu dirotasi supaya komponen ini dapat memilki grip atau daya cengkeram ke jalan yang sama baiknya.

Perlu diketahui juga kalau pola rotasi mobil buatan jepang tidaklah sama dengan yang diterapkan pada mobil yang berasal dari Eropa.

Jika rotasi ban pada mobil buatan Jepang dilakukan dengan pola menyilang, maka untuk mobil yang berasal dari Eropa, perputarannya hanya mengganti posisi ban yang di kiri ke kanan dan sebaliknya.

Kenapa pola rotasi ban mobil buatan Jepang dan Eropa bisa berbeda seperti itu? Karena pada mobil Jepang, semua bannya memiliki ukuran yang sama. Sedangkan di mobil Eropa, ukuran ban belakang lebih besar dari yang di depan.

Lantas, kapan waktu yang ideal untuk melakukan rotasi ban mobil? Ternyata, ada beberapa jawaban dan penjelasan untuk pertanyaan ini.

Rotasi ban bisa dilakukan berbarengan dengan spooring balancing

“Umumnya, kita mengganti oli mobil setiap 5.000 km sekali. Momen ganti oli ini juga bisa dimanfaatkan untuk sekaligus melakukan rotasi ban,” jelas Rudy Novianto, Instruktur Defensive Driving dari Sentul Driving Course (SDC).

Lebih lanjut, Rudy menjelaskan kalau rotasi ban yang dilakukan tiap 5.000 km sekali sebenarnya bisa dibilang sebagai langkah preventif dari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan pada ban mobil kita.

Narasumber lain menyebutkan, rotasi ban dilakukan setiap 10 ribu km sekali, dan pengerjaannya dilakukan bersamaan dengan spooring balancing.

“Dalam proses spooring balancing, biasanya kita juga melakukan rotasi ban. Kenapa kita juga melakukan rotasi ban di tengah proses spooring balancing? Karena itu bertujuan untuk membuat kinerja ban jadi lebih optimal,” bilang Ferry Gumilar, punggawa Revolution Wheels, di Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Meski ada dua pendapat yang berbeda soal waktu rotasi ban yang ideal, namun tidak ada yang paling benar, dan juga tidak ada yang salah.

“Kalau memang mau mengambil langkah preventif, maka lakukanlah rotasi ban setiap 5.000 km sekali. Tapi jika kondisi ban mobil tidak pernah mengalami masalah, silahkan saja untuk melakukan rotasi ban setiap 10 ribu km sekali,” tutup Rudy Novianto.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top