Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Trik Mengemudikan Mobil di Jalan Macet

trik mengemudikan mobil di jalan macet

Last updated on 15 Agustus, 2023

Berkendara di jalanan yang macet perlu trik khusus. Salah satu trik mengemudikan mobil di jalan macet yaitu memperhatikan rambu lalu lintas.

Jakarta, Autos.id – Mengemudikan kendaraan roda dua maupun roda empat di kota besar tak semudah yang kita bayangkan. Hal ini mengingat jalanan di kota besar rawan terjadi kecelakaan apalagi bila jalanan tersebut sudah mulai macet. Diperlukan sejumlah trik mengemudikan mobil di jalan macet agar mobil tidak bersinggungan dengan kendaraan pengguna jalan lain.

Setiap pengemudi haruslah meningkatkan kewaspadaan serta kesabaran saat melintas di jalanan yang macet. Tak hanya dua hal tersebut yang menjadi perhatian setiap pengendara, teknik mengendarai kendaraan yang benar juga dibutuhkan ketika menghadapi situasi jalanan yang macet.

Baca juga: Saat Macet, Seluruh Komponen Ini Akan Bekerja Keras

trik mengemudikan mobil di jalan macet

Hal tersebut senada dengan penjelasan dari Senior Instruktur Road Safety (IRSA) bernama Poedyo Santosa. Dilansir dari Viva.co.id (01/11/2017), Poedyo Santosa mengungkapkan bahwa dalam kondisi kemacetan yang tinggi, pengguna jalan harus selalu melihat kondisi sekeliling area perlintasan.

“Perhatikan sekeliling Anda, mulai dari bagian depan, belakang, kanan dan kiri kendaraan Anda. Apalagi bila sedang macet dan hujan rentan terjadi pohon tumbang”

Melintas di jalan yang macet dan sedang terjadi hujan membutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Lebih lanjut, Poedyo Santosa memberikan trik mengemudikan mobil di jalan macet yang aman yaitu dengan memperhatikan transmisi manual mobil.

Dia juga menyarankan setiap pengemudi untuk memilih menggunakan mobil dengan transmisi manual apabila hendak bepergian dan melewati jalanan yang sering macet. Dengan memilih mobil yang dilengkapi dengan transmisi manual, pengemudi hanya perlu menginjak gas dan mengangkat pedal kopling perlahan-lahan tanpa perlu digas.

Dengan menggunakan trik mengemudikan mobil di jalan macet tersebut, kendaraan akan lebih cepat bergulir. Mesin kendaraan pun tak akan mati serta apabila laju dirasa terlalu cepat maka pengemudi hanya cukup menguranginya dengan memanfaatkan rem.

Ia pun mengimbuhkan keterangannya yaitu bila kendaraan roda empat yang digunakan berjenis matik, maka Anda cukup memainkan pedal rem sesuai kondisi jalanan. Lantas bagaimana bila kemacetan terjadi dalam waktu yang sangat lama?

Singkatnya, bila Anda terjebak dalam kemacetan yang panjang hingga berjam-jam, Anda sebaiknya memastikan tuas transmisi berada di posisi netral apabila menggunakan mobil manual. Sementara bila kendaraan yang Anda gunakan adalah mobil dengan transmisi matik sebaliknya, pastikan tuas transmisi tak berada di posisi parkir.

Tak hanya itu, rem tangan kendaraan tersebut harus berada pada posisi menyala. Lebih dari itu, trik mengemudikan mobil di jalan macet paling utama yaitu selalu memperhatikan lampu lalu lintas, rambu lalu lintas, serta marka jalan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Matikan AC Mobil saat Macet Bisa Bikin BBM Lebih Hemat?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!