Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Trik Ganti Knalpot Biar Performa Mobil Terdongkrak

Ganti Knalpot

Ganti knalpot merupakan cara paling mudah dan ringkas untuk mendongkrak performa mesin mobil. namuna da hal yang perlu diperhatikan sebelum ganti knalpot mobil.

Jakarta, Autos.id – Knalpot merupakan penyalur gas buang untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Tidak hanya untuk gas buang, ternyata knalpot juga dapat meningkatkan performa mobil. Tentunya proses ganti knalpot harus dengan racikan yang pas.

Lalu seperti apa knalpot yang dapat meningkatkan performa mobil. Dari beberapa sumber yang dihimpun Autos.id, lekukan pipa yang baik dan bulat dapat meningkatkan performa mobil. Lekuk-lekuk pipa harus dihitung secara tepat agar gas buang mobil lancar.

“Memperbesar diameter pipa knalpot memang ikut mendongkrak performa mesin. Namun menggunakan diameter knalpot yang terlalu besar juga tidak tepat”

Meski demikian perlu diingat, memperbesar diameter pipa knalpot memang ikut mendongkrak performa mesin. Namun menggunakan diameter knalpot yang terlalu besar juga tidak tepat. Karena dapat meningkatkan gas buang sehingga mengurangi efisiensi bahan bakar atau membuat mobil lebih boros dan mesin kempos.

Ganti Knalpot

Sebaiknya Ganti Knalpot Stau Set Mulai dari Header

Untuk itu, bila ingin mengganti knalpot untuk menaikan performa mobil sebaiknya perhatikan beberapa hal. Misalnya bentuk lekukan pipa yang presisi sehingga tidak mengganggu mengalirnya gas buang.

Pada umumnya, pilihan ukuran knalpot yang tepat adalah knalpot dengan ukuran 3 inci, 3.5 inci, dan 4 inci. Knalpot dengan ukuran ini cukup untuk melancarkan gas buang sehingga tarikan mobil lebih enteng tapi tak bikin mesin kempos.

Bahan knalpot juga berpengaruh pada performa mobil. Untuk itu sebaiknya gunakan knalpot berbahan stainless steel. Karena selain medongkarak performa, jenis knalpot ini tahan lebih lama dan bersuara adem. Ada baiknya pilih knalpot dari bahan titanium, namun terkadang bahan ini berbiaya lebih mahal.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya melakukan penggantian satu set knalpot. Mulai dari header bagian depan, resonator, hingga muffler pada bagian paling belakang, agar knalpot berfungsi maksimal.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...