Tips

Tips Usir Kabin Mobil Bau Tak Sedap Karena AC

Kabin Mobil Bau
Usir Bau di Kabin Mobil

Kondisi kabin mobil bau tentu akan ikut menyumbang menurunnya kenyamanan selama berkendara. Padahal penyebab kabin mobil bau kerap datang dari AC.

Jakarta, Autos.id – Saat ini hampir semua mobil memang telah dilengkapi Air Condition (AC) sebagai penyedia udara segar dan penyejuk ruang kabin. Namun AC mobil bukan tanpa masalah, karena kerap kabin mobil bau justru disebabkan AC.

Penyebab kabin mobil bau karena AC tersumbat kotoran, debu, atau noda yang berasal dari alas mobil. Debu dan kotoran itu diserap AC sehingga udara yang dikeluarkan AC berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam mobil.

Kerena itulah karpet atau alas kaki pada mobil harus sering dibersihkan dan dicuci agar tak muncul bau kurang sedap. Jika Anda termasuk orang yang sibuk untuk sekedar mencuci alas lantas mobil, minimal keluarkan sampah, debu atau kotoran yang berserakan di karpet mobil. Biasanya debu ini muncul dari kotoran yang menempel di alas kaki Anda ketika amsuk ke mobil.

“Penyebab kabin mobil bau karena AC tersumbat kotoran, debu, atau noda yang berasal dari alas mobil. Debu dan kotoran itu diserap AC sehingga udara yang dikeluarkan AC berbau”

Kabin mobil bau tak sedap bisa juga muncul saat Anda dalam perjalanan. Pada kondisi demikian Anda bisa menggunakan pengharum ruangan atau parfum mobil yang memilki aroma soft untuk membuat udara ruang kabin terasa segar. Untuk itu selalu letakkan pengharum atau parfum mobil di ruang kabin karena sesewaktu sangat dibutuhkan.

Kabin Mobil Bau Karena AC

Bersihkan Karpet Secara Rutin

Jika keberadaan pengharum mobil tidak sampai menghilangkan bau tidak sedap yang dihembuskan udara AC, kemungkinan ada jamur dan kuman yang melekat pada ventilasi AC sehingga AC perlu dibersihkan. Membersihkan ventilasi AC, mobil perlu dibawa ke bengkel resmi atau bengkel spesialis AC untuk mendapat perawatan profesional dan menyeluruh.

Anda juga disarankan menggunakan filter AC untuk memperpanjang usia perawatan AC. Dengan filter AC sirkulasi udara pada kabin tidak langsung melekat pada ventilasi AC melainkan disaring dulu melalui filter sehingga AC lebih terawat. Membersihkan filter AC juga jauh lebih murah dan bsia dilakukan sendiri dibaning melakukan servis AC.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top