Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Setting Karburator Motor Matik Biar Kencang Tapi Irit

Setting Karburator Motor Matik

Last updated on 7 November, 2021

Setting karburator motor matik tidak bisa sembarangan, namun jika benar-benar paham mekanismenya, maka akan didapat tarikan yang lebih kencang tapi irit BBM.

Jakarta, Autos.id – Banyak pengendara motor menginginkan performa motor yang kencang namun irit bahan bakar. Begitu juga dengan pengguna motor matik (skutik). Namun, banyak yang menganggap motor matik memiliki konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih boros dari motor bebek.

“Anggapan semua motor matic boros tidak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya motor matik juga bisa irit BBM tanpa mengurangi performa mesin. Kuncinya ada pada penyetelan karburator”

Hanz, salah satu makanik Kembar Motor di bilangan Pondok Gede mengatakan, setting karburator motor matik sebenarnya mudah namun butuh keahlian khusus. Karena jika salah setting malah akan membuat motor makin boros dan menurunkan performanya.

Baca juga: Tips Mengenali Waktu Pergantian Oli Gardan Motor Matik

Setting Karburator Motor Matik

Putar Baut Pada Karburator

“Banyak yang asal bisa saja dan itu yang membuat motor makin boros. Harus orang yang benar-benar paham,” kata Hanz di Jl Raya Pondok Gede, Jakarta Timur. Lalu bagaimana cara setting karburator motor matik agar mendapat performa tinggi tapi tidak terlalu boros bahan bakar? Hanz pun memberikan jawabannya:

  • Putar setelan angin ke bagian kanan sampai habis atau mentok, kemudian putar kembali ke arah sebaliknya sekitar 2-2,5 putaran. Setelan ini ada pada bodi kanan motor matik;
  • Lanjutkan dengan penyetelan gas sampai mendekati 3000 sampai dengan 5000 putara per menit / RPM. Anda bisa setel pada lobang kecil terdapat pada kotak di sekitar jok motor matic;
  • Nyalakan mesin dan setting karburator motor matik sampai mendapatkan setelan yang pas dengan melakukan gas berkali-kali untuk mendapatkan tarikan spontan yang enteng;
  • Atur baut angin sampai dengan posisi suara mesin terdengar tinggi, dan tentunya tidak ada suara letupan pada knalpot meskipun kecil;
  • Setelah menemukan posisi idle mesin tidak gampang mati, khusus motor matik terdengar suara putaran roler weight yang tidak lagi didengarkan pada RPM yang kecil. Jika mendapat setelan itu pada settingan motor maka penggunaan BBM juga akan ikut semakin irit.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 19 November, 2021 Velg racing rawan bengkok jika sering mengalami benturan keras. Ketika velg mengalami kerusakan Anda bisa melakukan perbaikan sendiri...

Tips

Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan atau kondisinya butuh dibersihkan. Jakarta, Autos.id...

Tips

Gas motor injeksi tidak stabil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tersumbatnya saringan udara, fuel pump yang kotor, atau ada masalah pada injektor. Jakarta,...

Tips

Last updated on 7 November, 2021 Jakarta, Autos.id – Berikut beberapa tips sederhana untuk mengatasi tali gas motor yang seret, karena susah dikontrol atau...