Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Cara Perbaiki Velg Racing Motor

perbaikan velg racing
Melakukan press velg racing

Last updated on 19 November, 2021

Velg racing rawan bengkok jika sering mengalami benturan keras. Ketika velg mengalami kerusakan Anda bisa melakukan perbaikan sendiri dengan cara sederhana.

Jakarta, Autos.id – Velg motor sangat rentan terhadap benturan dijalan. Bila motor sering menerjang lubang atau batu lepas di jalan kemungkinan, secara perlahan velg akan penyok bahkan bengkok.

Apalagi saat ini motor umumnya menggunakan velg racing, yang sangat sulit diperbaiki dibanding dengan velg jari-jari. Untuk itu menahan diri agar tidak sering menerobos lubang atau jalan rusak akan membuat velg motor anda lebih lama digunakan.

“Namun jika velg Anda terlanjur penyok atau bengkok, maka anda bisa melakukan beberapa langkah untuk memperbaikinya ketimbang membuangnya ke sampah”

Hal yang perlu diketahui adalah bisanya velg bawaan pabrik lebih kuat dibandingkan velg variasi yang ditemukan di workshop variasi, sehingga cara memperbaikinya pun berbeda.

Baca juga: Rotobox Racik Pelek Motor Ringan Dan Kuat Dari Serat Karbon

Velg racing yang bengkok

Velg Racing rawan bengkok

Berikut beberapa langkah memperbaiki velg racing yang rusak :

  • Periksa kondisi kerusakan atau titik velg yang mengalami bengkok. Bila titik itu bisa dijangkau pukul bagian yang bengkok dengan balokan kayu hingga sesuai dengan alur lingkaran.
  • Bila kerusakannya cukup parah sehingga sulit untuk dibentuk kembali seperti semula, panaskan velg tersebut lewbih dahulu agar melunak dan pukul dengan benda keras untuk membentuknya kembali.
  • Setelah memukulnya hingga mendapat bentuk lingkaran semupuna, tidak berarti velg racing sudah normalkarena itu, lakukan pengepresan agar velg¬† tersebut menjadi presisi sehingga motor tidak oleng saat dikendarai.
  • Setelah di press rapikan dengan cara di dempul dan di lem. Kemudian melakuan penyambungan secara manual. fungsi dari lem dan dempul yang telah dioleskan adalah untuk menutup semua pori-pori velg agar lebih kuat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan atau kondisinya butuh dibersihkan. Jakarta, Autos.id...

Tips

Gas motor injeksi tidak stabil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tersumbatnya saringan udara, fuel pump yang kotor, atau ada masalah pada injektor. Jakarta,...

Tips

Last updated on 7 November, 2021 Jakarta, Autos.id – Berikut beberapa tips sederhana untuk mengatasi tali gas motor yang seret, karena susah dikontrol atau...

Tips

Gir dan rantai motor rusak sebenarnya bisa dideteksi secara dini agar kerusakan tidak merembet ke komponen lain, dan berikut tiga cara mendeteksinya. Jakarta, Autos.id...