Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Sederhana Atasi Tali Gas Motor yang Seret

Last updated on 7 November, 2021

Jakarta, Autos.id – Berikut beberapa tips sederhana untuk mengatasi tali gas motor yang seret, karena susah dikontrol atau tidak responsif demi menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Perawatan tali gas motor yang seret sangat penting untuk menghindari gangguan teknis motor selama perjalanan. Hal ini sangat penting karena gas motor yang tak terkendali sangat berbahaya. Apalagi saat di jalan, kendaraan yang tidak terkendali tak hanya membahayakan pengemudi juga pengguna jalan lain.

Berikut beberapa tips sederhana untuk mengatasi tali gas motor yang seret, yang bisa kawan Autos lakukan dengan mudah :

Pertama, lepaskan handel grip gas dari dudukan dengan melepaskan pengikat pada dudukan handle gas.

Tali Gas Motor yang Seret

Lepaskan Tali gas dengan Handle Gas

Baca juga: Tips Merawat Mesin Karburator Motor Di Rumah

Kedua, lepaskan kabel gas yang terpasang pada throttle valve dari karburator sekaligus lepas dari pegas pengembalinya.

Ketiga, lepaskan kabel gas dari handle grip gas.

Keempat, masukan bensin ke dalam selang kabel gas dan gerakan kawat dengan tarikan berulang-ulang agar bensin dapat meresap kedalam kabel dan membersihkan kabel gas dari kotoran atau karat yang menempel.

Tali Gas Motor yang Seret

Perhatikan Kondisi Tali Gas

Baca juga: Fungsi Dan Cara Kerja Traction Control System Pada Motor

Kelima, gunakan udara bertekanan untuk membersihkan sisa bensin dan kotoran dalam kabel gas agar bensin dalam kabel gas tidak menguap atau mengering.

Keenam, masukan oli pelumas kedalam kabel selang dan lakukan tarikan keluar masuk pada kabel gas sehingga oli melumasi kabel gas hingga ke bagian bawa.

Pelumas tali gas

Masukan Pelumas ke Tali Gas

Ketujuh, setelah itu pasang kembali gas pada handel, lalu oleskan gemuk atau grese pada pipa setang, sehingga tali gas dapat mudah di kendalikan saat melakukan tarikan.

Itu dia langkah mudah untuk mengatasi tali gas motor yang terasa seret. Agar berkendara semakin nyaman, perhatikan pula spare part motor yang perlu perhatian khusus seperti aki, busi, rantai dan kampas rem.

Mungkin, kawan Autos juga tertarik untuk mencoba tips membuka busi motor dan memasangnya kembali dengan cara yang benar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...