Tips

Tips Saat Alami Ban Pecah Ketika Liburan

ban pecah

Saat mengalami ban pecah ketika berpergian, sebaiknya jangan langsung panik, tetapi ikuti langkah-langkah berikut ini agar tetap selamat sampai tujuan.

Jakarta, Autos.id – Musim liburan akhir tahun 2016 sudah menyapa hampir sebagian masyarakat Tanah Air. Liburan kerap berarti jalan-jalan ke tempat rekreasi atau mengunjungi keluarga diberbagai tempat. Dekat maupun jauh.

Namun ada kalanya setiap musim libur banyak kendaraan yang kerap mengalami berbagai trouble. Hal ini tentu akan riskan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang. Beberapa penyebab masalah di jalan baisnaya dikarenakan ban pecah atau bocor sehingga ban kehilangan traksi dan kestabilan kendaraan hilang.

“Bila menghadapi ban pecah atau bocor selama perjalanan beberapa tindakan sederhana perlu dilakukan pengemudi”

Bila menghadapi ban pecah atau bocor selama perjalanan beberapa tindakan sederhana perlu dilakukan pengemudi. Mulai dari mendeteksi jika ban mobil pecah atau bocor, hingga tindakan yang perlu dilakukan saat mengganti ban sebenarnya bisa dilakukan oleh sang pengemudi itu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Ban Pecah

Jangan Panik Saat Mengalami Ban Pecah

Tindakan preventif karena ban pecah atau bocor sebenarnya bisa diidentifikasi oleh pengemudi. Tandanya adalah jika terjadi pengemudi merasakan kelainan pada kendaraannya. Seperti setir yang berat ke arah tertentu atau goyang yang tidak lazim.

Jangan pernah memaksakan melanjutkan perjalanan jika kondisi ini dirasakan pengemudi. Karena kendaraan bisa terguling akibat ban kehilangan daya cengkram ke aspal. Namun juga jangan langsung berhenti ketika ban pecah atau bocor.

Ban Pecah

Gnati Ban di Lokasi yang Aman

Jangan menginjak rem secara mendadak dengan keras dan tergesa-gesa karena berbahaya dan menyebabkan roda kemudi kepelintir atau tertarik kesatu sisi. Solusinya tetap pegang roda kemudi dengan tenang dan gunakan rem secara bertahap untuk memperlambat kendaraan.

Hentikan kendaraan di tempat yang aman namun tetap perlambat laju kendaraan. Jika sudah menemukan wilayah yang dirasa aman, tepikan kendaraan dan ganti ban yang pecah atau bocor dengan ban cadangan yang dibawa. Namun perlu diingat karena sifatnya hanya cadangan, maka segera ganti ban yang rusak atau tambal ban yang bocor sehingga bisa digunakan kembali.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top