Tips

Tips Rawat Filter AC Biar Kabin Mobil Selalu Sejuk

Tips Rawat Filter AC Biar Kabin Mobil Selalu Sejuk
Filter AC Penting untuk Menjaga AC Tetap Sejuk

Jakarta, Autos.id – Beberapa hari belakangan panas terus mendera Jakarta dan sekitarnya. Bagi Anda pemilik mobil, keberadaan Air Conditioner (AC) sangat penting untuk menghalau udara panas tersebut.

Panas dengan suhu diatas 33 derajat celcius memang cukup mengganggu kenyamanan pengguna mobil. Namun bila mobil Anda sudah memiliki AC tapi ruang kabin masih terasa panas, ada bagian yang perlu diperiksa kondisinya.

Jika AC mobil terasa panas atau hanya sekedar menyemburkan angin, mungkin bagian filter AC mengalami penyumbatan. Pada keadaan demikian debu atau kotoran yang menyumbat filter AC bisa menyebabkan sirkulasi udara dingin AC mobil terhambat.

Ferry Jensen, juragan gerai Auto Rotary Bintaro, Bengkel spesialis AC mobil menerangkan filter AC sebagai penyaring debu kadang kurang mendapat perhatian dari pemilik setelah dua atau tiga tahun pemakaian mobil.

Posisinya Ada di Balik Laci Dahsboard

Posisinya Ada di Balik Laci Dahsboard

“Biasanya pada mobil baru saat tahun pertama masih bagus tapi jika dua atau tiga tahun filter AC tidak dibersihkan maka kabin akan tetap panas meski volume AC-nya disetel tinggi,” kata Jensen pada Autos.id.

Ferry menjelaskan filter AC merupakan alat yang menyaring kotoran ke bagian evaporator AC. Udara yang tersedot ke evaporator nantinya disaring dengan filter agar udara yang dihasilkan ke ruang kabin lebih bersih dan segar. “Jika AC kendaraan tidak ditambahkan filter udara untuk menyaring kotoran yang bisa masuk ke dalam jalur hisap AC maka udara berkualitas akan didapat pada kabin mobil,” tukasnya.

Filter Kotor Menyumbat udara Bersih AC

Filter Kotor Menyumbat udara Bersih AC

Untuk membersihkan filter AC tidak butuh alat khusus dan keterampilan setara mekanik. Anda bisa melakukannya sendiri. Filter AC biasanya terletak di balik laci dashboard mobil Anda. Untuk membukanya perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka laci dengan cara menariknya ke atas dengan menarik sisi sebelah kiri atau kanan satu per satu hingga laci terlepas;
  • Setelah laci terlepas akan terlihat compartement filter AC dan blower AC yang biasnaya dibuat bertumpuk dengan posisi filter AC ada di bagian atas;
  • Untuk mengeluarkan filter AC buka sistem pengunci berbentuk knop yang ada dibagian sisi boks filter AC;
  • Setelah boks filter AC terbuka maka bakal terlihat filter AC yang biasnaya berwarna putih, keluarkan filter AC untuk dibersihkan;
  • Ambil filter AC, kemudian di ketuk-ketuk sampai debunya keluar. Jika Anda memiliki compressor bisa ditiup compressor dari arah bawah filter AC, sedangkan kalau ada vacum cleaner bisa di vacum bagian atas filter AC.
  • Jangan pernah merendam filter AC dengan air sabun atau dicuci karena akan menyebabkan bulu halus di filter yang menangkap debu akan hilang;
  • Setelah yakin filter bersih maka masukkan kembali ke boks filter AC dan tutup laci dashboard mobil Anda ke posisi semula.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top