Tips

Tips Perawatan Rem Motor Setelah Hujan

Perawatan Rem Motor

Selain bodi, bagian lain dari motor yang perlu diperhatikan adalah rem. Perawatan rem pasca terkena air hujan wajib dalam menjage kinerja rem.

Jakarta, Autos.id – Rem merupakan komponen motor yang sangat penting. Mengabaikan perawatan rem sama dengan memberi peluang pada kecelakaaan yang mungkin saja merenggut nyawa.

Sebagai komponen yang berfungsi mengurangi kecepatan sekaligus membuat kendaraan berhenti, rem perlu mendapat perhatian lebih. Apalagi saat di musim penghujan seperti saat ini, dimana kotoran seperti pasir atau kerikil halus mudah menempel bersama percikan air berlumpur saat berkendara.

“Bagian rem motor yang rentan terkena kotoran saat hujan antara lain kampas dan piringan rem. Jika rem dalam kondisi kotor maka bagian ini tidak pakem”

Bagian rem motor yang rentan terkena kotoran saat hujan antara lain kampas dan piringan rem. Jika rem dalam kondisi kotor maka bagian ini tidak pakem karena tidak langsung bersentuhan dengan permukaan cakram atau tromol motor Anda.

Perawatan Rem Motor

Tromol Bagian yang Mudah Kotor

Biasanya rem yang kotor ciri paling mudah yakni mengeluarkan bunyi decit ketika tuas rem di tarik. Selain mengganggu kenyamanan berkendara kondisi motor yang remnya kurang dirawat akan membahayakan si pengendara. Oleh sebab itu perlu diperhatikan beberapa hal dalam perawatan rem motor setelah hujan.

Setelah terguyut hujan, sebaiknya motor langsung dicuci. Pertama, lepas roda depan atau dengan melepas baut yang mengikat ban. Kedua, bersihkan piston rem dari kotoran atau karat yang menempel. Periksa juga kemungkinan luka atau goresan pada piston rem. Jika goresan parah piston sebaiknya diganti agar minyak rem tak bocor.

Kemudian bersihkan silinder rem dari kotoran atau karat. Gunakan bantuan kompon jika kotoran yang akan dibersihkan lumayan cukup susah hilangnya. Bagian kampas dan cakram perlu diguyur dengan air yang banyak atau dengan semprotan air yang kencang untuk membersihkan kotoran yang terselip pada sela-sela kampas dan cakram.

Perawatan Rem Motor

Bersihkan Kampas Rem dari Lumpur dan Kerikil

Jika dirasa sudah bersih, pasang kembali piston yang tadi sudah di bersihkan. Jangan lupa isi kembali minyak rem yang baru ke dalam master silinder rem untuk mengembalikan perfroma rem motor Anda.

Langkah berikut yang perlu diperhatikan adalah karena kanvas rem terbuat dari bahan asbes akan menggelembung saat terkena air dan mengeras pada saat sudah kering. Maka selesai mencuci motor sebaiknya Anda menginjak pedal rem dengan tujuan agar kanvas kering agar rem tidak keras saat diinjak.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top