Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Matikan Motor Dengan Standar Samping, Ini Resikonya!

Last updated on 5 Juni, 2024

Jangan sering-sering menggunakan standar samping untuk mematikan mesin motor matic, karena akibatnya bisa bikin kamu kaget.

Jakarta, Autos.id  –  Dalam sejarahnya, kelahiran motor matic tidak memiliki fitur standar samping,  di mana saat turun mesin motor bisa langsung mati. Namun berkembangnya teknologi semua motor matic sekarang sudah memakai teknologi tersebut. Untuk lebih aman, sebetulnya saat meninggalkan motor dalam kondisi standby mati. Sebelum teknologi ini ada, banyak pemilik motor matic yang meninggalkan motornya dalam keadaan mesin menyala.

Dan itu sangat membahayakan karena jika ada anak yang iseng maka motor bisa langsung terpental. Melalui fitur Side stand switch, mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan.

Pada bagian pangkal standar dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. Namun, berkat kecanggihan teknologi ini, banyak pengguna motor yang justru mematikan mesin dengan menegakkan standar samping dan  bukan memutar kunci kontak.

Baca juga: Rekomendasi Motor Matic 2023

Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera langsung dimatikan. Karena pada saat mesin mati dengan menggunakan standar samping, kelistrikan motor tetap menyala.

Jika terlalu lama dibiarkan menggunakan cara ini aki akan cepat tekor. Terlebih, jika motor belum menggunakan lampu LED, dijamin pasti akan lebih ceoat membuat aki tekor. Ini juga sama halnya jika kita mematikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport. Kalau kunci kontaknya tidak di off, pasti baterai soak.

Jadi jika bikers ingin meninggalkan motor sebaiknya  diingat-ingat  untuk  langsung menggunakan kunci kontak dan mematikannya. Atau lebih baik lagi langsung mengunci stang motor, pastikan motor benar-benar dalam kondisi mati.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Autos.id – Suspensi depan adalah salah satu bagian kritis dari sepeda motor yang memengaruhi kenyamanan dan keamanan pengendara. Kerusakan pada suspensi depan bisa membuat...

Motor

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tren otomotif terus berkembang, dengan Suzuki sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi kendaraan bermotor. Suzuki telah...

Motor

Autos.id – Motor matic telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kemudahan pengoperasiannya dan performa yang handal membuat...

Motor

Last updated on 21 November, 2023 Serpong, Autos.id  – PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, bersinergi dengan Korps...

error: Content is protected !!