Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Perawatan Mesin Turbo Pada Truk

Perawatan Mesin Turbo

Perawatan mesin turbo memang butuh perlakuan khusus, terutama untuk para sopir truk yang saat ini telah banyak menggunakan truk bermesin turbo diesel.

Tangerang, Autos.id – Banyak pengguna truk baik sopir atau pemilik yang kurang paham merawat mesin turbocharged pada truk. Padahal caranya sederhana agar mesin truk yang menggunakan turbocharged  tetap awet dan memiliki performa prima.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Arief Budiman, Technical Trainer PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI). “Mesin turbo itu artinya turbin boster, perlakuan pada mesin ini perlu pemanasan setelah mesin dihidupkan atau dimatikan. Butuh pemanasan satu menit untuk membuat mesin ini bekerja maksimal,” katanya saat Workshop Tata Motors di Tangerang, Rabu (08/02/2017).

“Perlakuan pada mesin ini perlu pemanasan setelah mesin dihidupkan atau dimatikan. Butuh pemanasan satu menit untuk membuat mesin ini bekerja maksimal”

Kesalahan pada sopir atau pengguna truk yang menggunakan mesin jenis ini adalah menggeber gasnya beberapa kali sebelum jalan maupun sebelum berhenti. Padahal secara perlahan, perlakuan seperti ini malah akan merusak performa mesin.

Tata Prima

“Mobil dengan mesin turbo rpm-nya 10 kali lipat mobil mesin bensin atau diesel. Jika putaran mobil biasa 8000 permenit sementara mobil dengan tubo bisa 100.000 putaran. Bayangkan kalau dalam putaran tersebut mesin dimatikan. Lama-kelamaan jebol,” bebernya.

Untuk itu dia menyarankan agar truk dengan mesin turbo seperti Tata Prima mendapatkan perlakuan khusus untuk perawatan mesin turbo. Dibutuhkan jeda setelah dihidupkan atau sebelum dimatikan agar mesin mendapatkan pelumas yang cukup sebelum digeber. Cukup diberi jeda agar mesin tetap idle sekitar 1-2 menit sebelum atau sesudah mesin dimatikan agar proses pendinginan mesin berjalan sempurna.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Last updated on 20 November, 2021 Turbo adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk meningkatkan tenaga mesin. Meski bisa meningkatkan tenaga mesin, tapi di sisi...

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...

Berita Otomotif

Penjualan Tata Nano di India mulai dikurangi, bahkan produksi dari mobil murah ini hanya dua unit per hari. Apakah itu pertanda nasib mobil ini...

Tips

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya. Jakarta, Autos.id...