Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Merawat Motor Injeksi Agar tetap Prima

Honda di PRJ 2016

Merawat motor injeksi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan oleh sebagian orang. Asalkan memahami dan selalu teliti akan beberapa hal.

Jakarta, Autos.id – Pada perkembangannya hampir semua produk roda dua terbaru sudah menggunakan sistem asupan bahan bakar model injeksi. Teknologi injeksi pada sepeda motor tentu berdampak positif dalam beberapa hal.

Namun adakalanya masih banyak pengguna motor yang ogah memakai motor injeksi. Ini lantaran ada stigma negatif jika motor injeksi sulit untuk diperbaiki ketika mengalami masalah. Padahal faktanya tidak sepenuhnya benar, bahkan malah sebaliknya merawat motor injeksi bis alebih mudah kalau mengetahui caranya.

“Dengan sistem injeksi, biasanya sudah bisa terdeteksi dengan alat computerize. Tentunya ini mempermudah bengkel mengidentifikasi ‘penyakit’ pada motor”

Dengan sistem injeksi, biasanya sudah bisa terdeteksi dengan alat computerize. Tentunya ini mempermudah bengkel mengidentifikasi ‘penyakit’ pada motor. Namun penggunaan sistem injeksi mensyaratkan beberapa hal pada pengguna agar motor tidak bermasalah saat melakukan perjalanan.

Merawat Motor Injeksi

Jangan Telat Lakukan Servis Berkala

Sebagai informasi awal setiap motor berteknologi injeksi, setiap menepuh jarak 2.000 km sebelum dilakukan pemeriksaan berkala. Jika dibiarkan, khawatir terjadi masalah yang lebih rumit seperti motor tidak akan bekerja dengan maksimal lagi dan cenderung boros bahan bakar. Untuk itulah merawat motor injeksi harus selalu melakukan servis berkala tiap 2.000-3.000 km di bengkel resmi.

Kemudian perhatikan juga penggunaan bahan bakar. Sebaiknya pakai bahan bakar beroktan tinggi misalnya bahan bakar dengan RON 90 ke atas karena bahan bakar ini menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor anda.

Perhatikan kondisi aki/accu sebab motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi perangkat ini sebagai penghidup mesin pada sistem pembakarannya. Untuk itu aki motor dengan teknologi injeksi harus sering-sering periksa agar kualitasnya tetap terjaga.

Merawat Motor Injeksi

ECU Otak dari Motor Injeksi

Sesekali periksa pula Electronic Control Unit (ECU) sebagai otak pengoperasian sistem motor injeksi. Keseluruhan unit injector baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injector diatur oleh ECU. Jadi apabila sistem ini terganggu maka kinerja injector pada motor Anda juga tidak berjalan baik.

Dalam hal merawat motor injeksi sebaiknya tangki selalu terisi bahan bakar yang cukup agar kotoran pada tangki tidak masuk ke ruang injeksi sehingga membuatnya tersumbat, dan berdampak buruk bagi kinerja injeksi dalam melakukan proses pembakaran.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Last updated on 5 September, 2021 Perkembangan teknologi bahkan di bidang otomotif mengalami pertumbuhan yang pesat. Salah satu perkembangan yang ada pengabutan bahan bakar...

Tips

Last updated on 19 November, 2021 Velg racing rawan bengkok jika sering mengalami benturan keras. Ketika velg mengalami kerusakan Anda bisa melakukan perbaikan sendiri...

Tips

Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan atau kondisinya butuh dibersihkan. Jakarta, Autos.id...

Tips

Gas motor injeksi tidak stabil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tersumbatnya saringan udara, fuel pump yang kotor, atau ada masalah pada injektor. Jakarta,...