Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Merawat Jaket Motor yang Tepat

Ilustrasi jaket motor.
Ilustrasi jaket motor. (Sumber: Pixabay.com - naeimasgary)

Last updated on 3 Mei, 2023

Jaket motor adalah salah satu kelengkapan yang membutuhkan perawatan agar tidak cepat rusak.

Autos.id – Jaket adalah perlengkapan penting bagi pengendara motor. Terutama saat melakukan touring jauh, jaket melindungi dari debu, kotoran, dan hembusan angin saat berkendara malam hari.

Jaket juga membantu minimalisir benturan saat terjadi kecelakaan dan merupakan bagian dari gaya hidup. Banyak pilihan jenis dan harga jaket tersedia di pasaran. Perawatan yang baik pastinya butuh agar jaket tetap awet dan tahan lama.

Dan berikut ini adalah sejumlah tips perawatan jaket motor agar tidak cepat rusak.

Ilustrasi mencuci jaket motor.

Ilustrasi mencuci jaket motor. (Sumber: Kamini)

1. Mencuci Jaket motor

Semua pakaian, termasuk jaket, harus mencuci secara teratur untuk memastikan kebersihannya. Bagi biker atau mereka yang sering menggunakan jaket, disarankan untuk mencuci jaket satu kali seminggu. Ini akan membuat jaket terlihat bagus dan tetap nyaman dipakai.

Namun, setiap jenis pakaian memiliki cara pencucian sendiri, seperti bahan kulit dan parasut. Kami sarankan untuk tidak mencuci jaket dengan mesin cuci.

Untuk mencuci jaket dari bahan kulit atau parasut, caranya adalah manual atau dengan tangan. Ambil wadah dan air bersih, rendam jaket selama 20-30 menit dengan deterjen khusus pakaian. Setelah merendam, mulai bersihkan bagian kotor dengan tangan.

Jika masih ada bagian kotor, bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya dengan perlahan dan bilas dengan air mengalir tekanan sedang. Setelah itu, peras perlahan dan keringkan menggunakan gantungan baju.

2. Setrika Jaket motor

Sementara itu cara menyetrika jaket agar tetap awet dan rapi, ada beberapa cara tergantung bahannya:
Bahan dari kain, Gunakan suhu setrika maksimal 100 derajat dan setrika perlahan tanpa menekan terlalu kuat. Kalau parasut dan polyester, Gunakan suhu setrika maksimal 20 derajat dan setrika secara perlahan.
Sedangkan kulit, Hanya setrika bagian dalam dan bagian luar dapat keringkan menggunakan kipas angin.

Ilustrasi menjemur jaket motor.

Ilustrasi menjemur jaket motor. (Sumber: Orami)

3. Menyimpan Jaket

Tips terakhir yaitu menyimpan jaket, dengan lipat jaket berbahan kain dan menggantungkan jaket bahan parasut, polyester, dan kulit. Usahakan jangan terkena sinar matahari dan hindari lemari yang lembab agar jaket tetap rapih, tidak berbau, dan bebas jamur.

Selain itu, jangan menaruh jaket di bawah jok motor atau digantungkan di motor karena akan terkena kotoran atau debu dan bisa hilang. Solusinya adalah membawanya dalam tas atau menitipkan bersama helm di tempat parkir yang menyediakan jasa penitipan helm dan jaket.

Baca juga: Cucian Motor Murah dan Bagus ini Triknya

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Yadea

Autos.id – Dalam era di mana kesadaran akan dampak lingkungan semakin meningkat, transportasi berkelanjutan menjadi lebih dari sekadar tren, tetapi sebuah kebutuhan mendesak. Kendaraan...

Motor

Last updated on 8 Mei, 2024 Autos.id – Dalam era di mana keberlanjutan dan efisiensi energi semakin menjadi perhatian utama, motor listrik telah muncul...

Motor

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Tahukah Anda, bahwa pemeriksaan motor tidak hanya penting untuk dilakukan ketika motor rusak. Namun juga penting...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Di segmen roda dua tanah air, beberapa varian model motor memang dapat dijumpai di jalanan setiap...

error: Content is protected !!