Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Menghindari Rantai Motor Berkarat saat Musim Hujan

Last updated on 3 Mei, 2023

Tahukah Anda, saat musim hujan rantai motor mudah berkarat lho. Jadi, yuk ikuti tips menghindari rantai motor berkarat berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Saat musim hujan, tidak hanya bodi dan mesin motor yang perlu mendapatkan perhatian. Rantai motor pun rupanya perlu mendapatkan perhatian dari setiap pemilik kendaraan. Karena itu, sudah sepatutnya Anda membutuhkan sejumlah tips menghindari rantai motor berkarat saat musim hujan.

Tahukah Anda mengapa air hujan membuat komponen yang satu ini menjadi lebih mudah berkarat? Rupanya air hujan mengandung kandungan atau zat asam. Konon, zat asam inilah yang membuat rantai motor kita menjadi mudah berkarat.

Tips menghindari rantai motor berkarat yaitu membersihkannya secara berkala

Dilansir dari laman metrotvnews.com(19/11/2017), Yosi pemilik bengkel Bangbrand, Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat menuturkan bahwa rantai motor bisa menjadi lebih rentan berkarat saat musim hujan.

Ia pun menambahkan lantaran rantai motor yang berkarat, performa motor menjadi kurang optimal. Bahkan yang paling buruk dapat menyebabkan rantai motor menjadi putus.

“Karat dan rantai putus disebabkan karena pemilik motor kurang merawat bagian rantai dan gir motor”

Tips menghindari rantai motor berkarat yang bisa Anda lakukan ialah dengan memberikan perawatan secara berkala. Perawatan tersebut idealnya dilakukan minimal 3 hingga 4 bulan sekali.

Baca juga: Tips Merawat Mesin Karburator Motor di Rumah

Bersihkan bagian rantai serta gir motor Anda dengan melepasnya terlebih dahulu. Kemudian cucilah dengan menggunakan bensin. Anda juga bisa memanfaatkan air sabun sebagai pengganti bensin. Hal ini juga senada dengan saran yang diberikan oleh Yosi.

Perawatan rantai dan gir motor tidak cukup dengan membersihkannya dengan bensin atau air sabun lho. Anda masih harus melumasi rantai motor secara berkala. Perhatikan bila Anda ingin melumasi rantai menggunakan oli.

Usahakan menggunakan oli baru agar rantai dan gir bekerja optimal dan tidak seret. Yosi pun ikut menyarankan para pemilik kendaraan untuk menggunakan pelumas yang direkomendasikan. Hal ini diperlukan agar rantai dan gir motor menjadi lebih awet.

Memilih oli yang baru dan berkualitas hingga melumasi rantai dengan oli rupanya merupakan bagian dari tips menghindari rantai motor berkarat lho.

Baca juga: Tips Deteksi Gir dan Rantai Motor Rusak

Di musim hujan, pembersihan rantai dan gir motor serta melumasinya dengan oli bisa dibilang belum lengkap. Pasalnya, pada saat musim hujan motor membutuhkan perawatan yang ekstra.

Hal ini lantaran air hujan dan kotoran lebih cenderung mempercepat masa pakai gir dan rantai motor. Anda juga disarankan untuk melakukan penyetelan rantai. Pasalnya penyetelan rantai yang pas mempengaruhi kinerja mesin.

Lebih dari itu, penyetelan rantai sangat kencang bisa jadi membuat rantai tersebut cepat renggang. Bila sudah begini, Anda harus siap untuk mengganti rantai rengggang dengan yang baru.

Tips menghindari rantai motor berkarat yang terakhir ialah dengan mengganti spare part secara berkala. Anda disarankan menggunakan spare part yang orisinil terutama untuk komponen gir dan rantai agar performa motor lebih terjamin.

Baca juga: Cucian Motor Murah dan Bagus ini Triknya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 3 Juni, 2024 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!