Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Menghadapi Pelumas Palsu

Pertamina Lubricants terus berkomitmen menghadapi Pelumas Palsu

Jakarta, Autos.id –  PT Pertamina Lubricants (PTPL) berkomitmen untuk menghadirkan produk pelumas dengan kualitas tinggi sesuai dengan standar pabrikan mesin dunia, baik untuk segmen otomotif maupun industri. Direktur Utama PTPL Werry Prayogi mengatakan, sudah menjadi tanggungjawab pertamina memberikan produk terbaik untuk konsumen dan masyarakat.

“Dengan banyaknya peredaran pelumas palsu belakangan ini, kami mendukung penuh berbagai upaya yang dilakukan oleh instansi penegak hukum untuk menangani kasus-kasus pemalsuan pelumas yang beredar di tengah masyarakat,” tukasnya.

Kerugian dengan adanya pelumas palsu bukan hanya dirasakan oleh konsumen, namun juga negara dan masyarakat secara keseluruhan. Technical Specialist PTPL Nurudin memberikan gambaran umum terkait bahaya dan dampak penggunaan pelumas palsu.

“Secara jangka pendek, penggunaan pelumas palsu dapat menurunkan performa mesin karena efek pelumasan komponen mesin yang kurang baik. Secara jangka panjang, penggunaan pelumas palsu akan membuat mesin tidak reliabel, umur mesin tidak dapat mencapai ekspektasi sesuai umur desainnya dan pada saat jadwal maintenance mungkin lebih banyak parts yang harus diganti. Semua juga bergantung pada kadar kepalsuan pelumasnya,” tuturnya.

Adapun untuk membedakan pelumas asli dan palsu khususnya pada kemasan produk pelumas Pertamina, berikut tipsnya:

  1. QR Code di stiker label – setiap produk memiliki masing-masing kode unik yang berbeda terdiri dari 9 karakter berupa huruf dan angka, di inject langsung dari mesin printer pada saat proses Produksi stiker label.
  2. Tutup botol – Pada bagian atas tutup botol tampak hologram original halus dengan karakter titik (dot) dibaca dengan kemiringan 45 derajat.
  3. Tutup dan Leher botol – terdapat 8 digit nomor batch dengan posisi lurus tegak dan sejajar.
  4. Tampilan botol dengan teknologi triple layer – yaitu saat tutup botol dibuka, tampilan warna botol bagian dalam berbeda dengan bagian luar.

PTPL terus menghimbau agar seluruh masyarakat untuk membeli pelumas Pertamina dari bengkel langganan terpercaya/kendaraan resmi, atau dari outlet resmi Pertamina Lubricants seperti SPBU, Olimart dan Enduro Express.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Gebrakan Go Publik ini telah dilakukan Peramina sejak taujuh tahun lalu Jakarta, Autos.id  –  PT Pertamina Lubricants (PTPL) terus gencar melakukan ekspansi dan memasarkan...

Aksesoris

Peluncuran ini sekaligus ingin mengajak siswa SMK Yosonegoro praktik perbengkelan Magetan, Autos, id  – Dalam upayanya untuk berkontribusi terhadap pengembangan SDM unggul di Indonesia,...

Aksesoris

Pelumas ini direkomendasikan untuk motor empat langkah generasi terbaru yang beroperasi pada kecepatan tinggi atau pada kondisi jalan yang macet. Jakarta, Autos.id  –  Sebagai...

Aksesoris

Keterbatasan bukanlah kendala bagi mereka untuk terus belajar dan melatih keterampilan agar dapat membangun potensi terbaik diri. Semarang, Autos.id  – Dalam upaya untuk terus...