Tips

Tips Mengganti Oli Motor Tanpa Harus ke Bengkel

Mengganti oli motor sendiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus motor di bawa ke bengkel. Hal itu mengingat langkah-langkah yang perlu dilakukan sangat mudah.

Jakarta, Autos.id – Banyak orang saat ini terbiasa mengganti oli motor di bengkel sekaligus melakukan perawatan berkala. Meski terlihat lebih efisien, namun kadang memanjakan pemotor sehingga kikuk bila melakukannya sendiri dalam keadaan tertentu.

Untuk itu ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh pemilik motor untuk dapat mengganti oli motor dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya :

“Banyak orang saat ini terbiasa mengganti oli motor di bengkel sekaligus melakukan perawatan berkala”

Pertama, gunakan Kunci sok/kunci pas/kunci ring, yang sesuai dengan ukuran baut untuk membuka penutup oli bagian bawah mesin motor. Buka bagian bawah tempat oli akan dikeluarkan.

Mengganti Oli Motor

Buka Penutup Oli Mesin dan Biarkan Oli Mengucur ke Luar

Kedua, buka juga penutup oli bagian atas dengan menggunakan tang secara perlahan agar pegangan penutup tak pecah atau lecet.

Ketiga, siapkan wadah atau penampung untuk oli bekas yang mengucur dari ruang mesin.

Keempat, siapkan kain untuk membersihkan bekas ceceran oli pada penutup oli, dan tutup atas oli.

Kelima, jika dirasa semua oli sudah keluar, tuang oli yang baru dari botol ke dalam mesin menggunakan corong sehingga oli tidak meluber dipermukaan mesin. Jika tak ada corong media botol air mineral dan daun yang dibentuk kerucut juga bisa digunakan.

Mengganti Oli Motor

Cukup Gunakan Alat-Alat Sederhana

Sebagai catatan, jika setelah penggantian oli dan motor mengeluarkan asap, maka jangan khawatir karena biasanya asap disebabkan akibat ceceran oli mesin ke knalpot sehingga saat leher knalpot panas mengeluarkan asap.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top