Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Memilih Busi untuk Balap

Busi untuk Balap

Memilih busi untuk balap ternyata tak boleh sembarangan. Ada setidaknya dua hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan pengapian sempurna di ruang mesin.

Jakarta, Autos.id – Motor maupun mobil balap selalu memiliki penanganan khusus baik secara teknis maupun komponen termasuk alat pendukung. Skema setingan yang rumit dengan perhitungan yang super teliti mendukung performa kendaraan balap.

Busi untuk balap menjadi sebuah komponen penting karena pengapian sempurna menjadi awal performa mesin yang baik. Diko Octaviano Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan dalam race harus ada busi khusus untuk mendukung performa setingan.

“Busi untuk balap menjadi sebuah komponen penting karena pengapian sempurna menjadi awal performa mesin yang baik”

“Busi untuk balap telah didesain khusus untuk engine yang sudah mengalami peningkatan kompresi dengan perbandingan air fuel ratio tinggi untuk mencapai maksimum power,” jelas Octa. Ia menambahkan, beberapa faktor harus diperhitungkan dalam pemilihan busi untuk balap agar performa mesin dapat mencapai hasil maksimal.

Busi Untuk Balap

Perhatikan Celah Busi

Pertama, perhatikan celah busi. Semakin kecil celah busi akan semakin sedikit konsumsi listrik yang dibutuhkan. Celah busi dengan kebutuhan listrik yang stabil membuat performa motor semakin tinggi.

Kedua, diameter elektroda. Besar kecilnya diameter elektroda berperan besar dalam mengantarkan arus listrik yang terjadi antara elektroda pusat dengan elektroda ground. Sehingga hal ini juga berpengaruh dalam proses pembentukan api yang terus membesar untuk mengurangi efek quenching (proses pendinginan cepat yang dilakukan pada logam yang telah dipanaskan diatas temperatur kritisnya).

Busi Racing NGK

Busi Khusus Balap dari NGK

Kedua faktor ini sangat menentukan pengapian sebagai sumber api diruang bakar sehingga PT NGK Busi Indonesia menyiapkan busi untuk balap dengan nama NGK Racing Competition untuk mendukung performa kendaraan balap di sirkuit.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Last updated on 10 November, 2021 Jakarta, Autos.id – Busi adalah satu bagian kecil namun sangat penting bagi motor karena keberadaannya akan memastikan kinerja...