Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Cara Membuka dan Memasang kembali Busi Motor dengan Benar!

cara membuka busi

Last updated on 10 November, 2021

Jakarta, Autos.idBusi adalah satu bagian kecil namun sangat penting bagi motor karena keberadaannya akan memastikan kinerja sebuah motor. Sebagai penghantar pengapian bahan bakar ke mesin, keadaan sebuah busi menjadi sangat krusial.

Busi yang aus akan berpengaruh langsung pada fungsi motor tersebut. Sayangnya, meskipun begitu, masih ada saja yang suka membongkar pasang busi dengan seenaknya.

cara memasang busi

Baca dengan: Tips Menjaga Sepeda Motor Menghadapi Kondisi Banjir

Berangkat ke bengkel tentu saja menjadi pilihan paling aman bagi pengendara motor. Pengguna hanya duduk menunggu montir membuka dan memasang kembali busi,  dan motor pun siap dipakai. Namun tak semua keadaan bisa memberi kesempatan yang sama. Ada kalanya pengendara terjebak di sebuah keadaan di mana pertolongan dari lain pihak sangat tidak memungkinkan.

Tips cara cara membuka busi

Bagi pemotor yang mencoba memahami atau berusaha mandiri dalam merawat kuda besinya, inilah beberapa tata cara membuka dan memasang kembali busi motor yang bermanfaat.

Pertama: dan utama, kunci busi dan obeng yang pas adalah dua hal yang wajib ada. Tanpa ini, langkah-langkah selanjutnya tak mungkin bisa dijalani.

Kedua: Setelah itu, pengguna harus memastikan bahwa mesin dalam kondisi dingin. Kemudian masukkan besi atau obeng ke antara lubang kunci busi lalu putar ke arah yang berlawanan jarum jam.

Ketiga: Jika terasa berat, putar secara perlahan terlebih dulu agar tidak slek. Apabila sudah terlepas, periksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau tidak. Busi yang dalam keadaan sudah aus ujungnya berwarna hitam pekat atau terdapat kerak disekitarnya.

Keempat: Sebelum memasukkan busi yang baru, bersihkan terlebih dulu menggunakan kain kering agar bersih dari kotoran maupun air.

Kelima: Masukkan busi ke dalam rumahnya dan putar searah jarum jam. Agar semakin rapat, gunakan kunci busi dan obeng di lubangnya lalu putar secara perlahan hingga pas.

Keenam: Pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik dan benar. Gunakan kick starter sebanayak lima kali tanpa memutar kunci, lalu gunakan starter tangan. Setelah itu, barulah motor bisa dinyalakan kembali.

Baca juga: Electric Starter Tidak Berfungsi, Jangan Buru-Buru Vonis Penyebabnya Adalah Aki Soak!

mengganti busi yang aus

Begitulah cara singkat yang bisa dipraktekkan sendiri. Sekarang semuanya bisa dikerjakan tanpa bantuan orang lain. [cel/ech]

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aksesoris

Kini rantai DID VR46 tersedia di Indonesia Jakarta, Autos.id  –  Pesona Legenda MotoGP Valentino Rossi ternyata masih sangat kuat dirasakan oleh para pecinta roda...

Aksesoris

Busi ini akan digunakan pada balap motor PON Papua Papua, Autos.id  –  Busi NGK MotoDX yang sedang viral di dunia penggemar roda dua Indonesia...

Aksesoris

Last updated on 26 Maret, 2021 Perkenalan presiden baru ini dilakukan secara virtual Jakarta, Autos.id  –  Baru-baru ini, NGK Busi secara resmi turut memperkenalkan...

Motor

Beratnya kondisi habitat motor-motor offroad ini tentu memerlukan dukungan parts pendukung yang dapat diandalkan Jakarta, Autos.id  –  Pabrikan motor premium asal Perancis, Sherco yang...