Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Membersihkan Kaca Mobil yang Terkena Kotoran Serangga

tips membersihkan kaca mobil yang terkena serangga

Membersihkan kaca mobil adalah rutinitas yang tak bisa dihindari bukan? Tetapi berhati-hatilah saat membersihkan kotoran serangga di kaca tersebut. Mengapa?

Jakarta, Autos.id – Berkendara di malam hari dengan rute yang panjang adalah salah satu rutinitas sebagian orang. Tetapi, tahukah Anda saat berkendara terutama di malam hari ada salah satu hal yang cukup mengganggu sebagian besar pengemudi yaitu banyaknya serangga yang menempel di kaca mobil. Kita pun dituntut untuk ekstra hati-hati dan selalu membersihkan kaca mobil tersebut.

Sayangnya, bekas atau kotoran serangga yang menempel di kaca dan bodi mobil tersebut tak mudah dibersihkan. Hal yang sering terjadi saat pemilik mobil membersihkan bekas serangga dengan penghapus kaca ialah kaca justru semakin terlihat kotor.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Rupanya kaca mobil menjadi semakin kotor lantaran tubuh serangga mengandung bahan kimia yang sulit dibersihkan dengan air. Untuk itulah saat membersihkannya seseorang perlu berhati-hati.

Bahkan kita tak disarankan membiarkan bekas serangga tersebut menempel di kaca mobil karena efeknya akan lebih parah. Dikutip dari laman Viva.co.id (21/10/2017), banyak pemilik mobil yang mengeluhkan bagaimana caranya membersihkan kaca mobil yang terkena serangga.

Bahkan serangga tersebut tak hanya menempel di kaca melainkan juga di bodi mobil. Bila sudah kering, kotoran tersebut lebih sulit dibersihkan.

“Zat kimia yang ada di dalam tubuh serangga konon dapat merusak cat mobil apabila terlalu lama tidak dibersihkan dan mengering”

Karena itu, setiap pemilik mobil sangat disarankan untuk segera membersihkan serangga yang menempel di bodi maupun kaca mobil.  Lantas bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang paling tepat dan efektif?

membersihkan kaca mobil dengan kain halus

Untuk membersihkan serangga yang menempel di kaca ataupun bodi mobil sebaiknya pemilik mobil membiarkannya terendam air atau Anda dapat memanfaatkan cairan pembersih terlebih dahulu.

Basahi kain yang halus dengan air dan cairan pembersih. Perhatikan pemilihan cairan pembersih. Usahakan memilih cairan pembersih yang aman untuk cat mobil. Kemudian letakkan kain halus tersebut di bagian yang terkena serangga.

Setelah itu, biarkan bekas serangga terkena air dan campuran cairan pembersih hingga lebih lunak. Bila sudah lunak bekas serangga tersebut akan mudah dibersihkan.

Selain menggunakan air bersih, lap, dan cairan pembersih pemilik mobil juga dapat memanfaatkan minuman soda. Minuman soda rupanya sangat efektif untuk membersihkan serangga yang menempel di kaca mobil.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat membersihkan kaca mobil dengan minuman soda. Pastikan pula minuman tersebut tak mengenai bodi mobil. Khusus untuk bodi mobil sebaiknya Anda menggunakan cairan serbaguna misalnya WD-40.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...

Tips

Last updated on 15 Oktober, 2022 Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...