Tips

Tips Jual Mobil di Tengah Pandemi Covid-19 Agar Cepat Laku

Jakarta, Autos.id- Di tengah kondisi wabah covid-19 ini banyak pemilik mobil yang ingin menjual mobilnya. Mengganti mobil ke kasta yang lebih rendah merupakan salah satu keputusan bijak untuk menjaga keuangan keluarga di tengah situasi ini. Namun menjual mobil disaat seperti ini bukan perkara mudah, penjual atau pedagang mobil bekas pun mengatakan penjualannya merosot hingga 50 persen.

Nah, di sini tim Autos ingin memberikan tips menjual mobil sendiri sebelum anda menjual via dealer mobil. Berikut tips cara menjual mobil agar cepat laku:

Periksa kondisi mobil secara menyeluruh

Sebelum menjual mobil anda, sangat perlu melakukan inspeksi menyeluruh kondisi mobil. Dengan begitu kerusakan atau kekurangan mobil bisa diketahui dan ini juga menjadi patokan penyesuaian harga mobil anda. Jika tidak ingin memperbaikinya sebaiknya terbuka dengan calon pembeli mobil anda agar tidak ada masalah atau komplain di kemudian hari.

Cek harga pasaran

Sangat penting untuk survei harga pasar, hal tersebut guna mengetahui kisaran mobil yang anda akan jual.  Cara paling mudah yaitu melakukan survei pasar, untuk model dan tipe unit mobil bekas yang kita akan jual. Mulai dari situs jual-beli atau bursa-bursa mobil bekas yang ada di sekitar rumah.

Buat foto yang menarik

Foto yang menarik menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan, karena dengan tampilan foto yang menarik akan ada distraksi yang muncul ketika calon pembeli melihat foto tersebut. Jadi usahakan membuat foto semenarik mungkin. Selain itu foto untuk detail-detail mobil anda dari eksterior, interior, foto bagian depan mobil, samping, dan belakang. Jangan lupa foto bagian yang punya nilai lebih dan enggak dimiliki mobil kebanyakan, contohnya seperti sunroof.

Jual sedikit di bawah harga pasaran

Di Tengah musibah ini daya minat orang untuk membeli mobil sudah turun, jadi alangkah baiknya untuk menjual mobil di bawah kisaran harga pasar.Selain itu anda juga harus pintar membaca karakter pasar, misalnya sudah ada yang menawar harga Rp. 100 juta sedangkan anda membandrol mobil anda Rp. 103 juta maka jangan ditahan, lebih baik dilepas, karena kita tidak tahu kedepannya mobil akan semakin turun atau tidak.

Kelengkapan dan bukti riwayat servis mobil

Tips selanjutnya adalah melengkapi perlengkapan mobil. Meskipun sepele kadang bisa menjadi magnet yang kuat menarik pembeli. Apa saja perlengkapan yang wajib ada di sebuah mobil? Ada kunci roda, dongkrak dan segitiga merah pengaman. Sertakan juga riwayat servis mobil ini Anda, hal ini paling mujarab untuk menarik perhatian pembeli. Sebab, mobil yang punya histori servis bagus akan dicap sebagai mobil yang sehat. Tapi tentunya, Anda sudah harus melakukan perawatan di bengkel resmi secara berkala.

Pilih platform yang tepat

Pilih platform yang masih banyak diminati oleh masyarakat. Akan lebih baik jika anda memasarkannya lebih dari satu platform dan tidak adalahnya langsung menawarkan ke orang sekitar atau bisa melalui whatsapp stories. [lil/ech]

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top