Tips

Tips Identifikasi Electric Starter Motor Bermasalah

Electric starter motor merupakan teknologi yang bisa memudahkan rider untuk menghidupkan mesin. Namun bagaimana jika komponen ini bermasalah?

Jakarta, Autos.id – Perkembangan teknologi kendaraan bermotor yang semakin canggih, kini telah memanjakan pemotor. Misalnya dengan fitur electric starter, meski hal tersebut tidak menghilangkan starter engkol.

Namun demikian bagi pemotor tentu kesal jika electric starter motor tersebut mengalami kerusakan alias tak merespon. Lalu bagaimana mengidentifikasi starter model ini jika bermasalah ?

“Pemotor tentu kesal jika electric starter motor tersebut mengalami kerusakan alias tak merespon. Lalu bagaimana mengidentifikasi starter model ini jika bermasalah ?”

Pertama, periksa sumber listrik motor yakni aki. Karena komponen ini menjadi sumber arus bagi sistem starter baik elektrik maupun engkol. Apabila tombol starter ditekan namum dinamo starter diam atau tidak mau berputar maka Anda harus mengecek sumber baterai tersebut.

Electric Starter Motor

Cek Sumber Listrik

Kedua, periksa busi motor anda. Caranya dengan mencabut busi dan membersihkannya. Kemungkinan busi basah atau kotor sehingga tidak menghasilkan sumber api yang baik.

Ketiga, periksa rangkaian starter mulai dari kabel, soket-soket pada tombol starter. Kemungkinan ada kabel yang putus atau soket mengalami kerenggangan atau kotor. Untuk mengatasinya gunakan alat multimeter periksa apakah arus listrik tersebut mengalir atau tidak apabila. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti dengan yang baru atau dengan menyambungkan kembali dan pada tombol electric starter motor bila kotor dapat menggunakan amplas halus.

Keempat, periksa relay starter. Karena komponen ini berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik menuju ke starter atau dinamo starter. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan menghubungkan dua kutub (+) dan (–)  yang berada pada badan relay langsung dengan aki menggunakan kabel. Pastikan terdengar suara mengontak yang artinya relay masih tetap bekerja dengan baik. Apabila tidak ada reaksi yang kemungkinan besar switch magnetiknya sudah rusak dan perlu penggantian.

Electric Starter Motor

Periksa Kondisi Busi

Kelima, periksa komponen dinamo starter bisa jadi terjadi korslet pada part ini. Cara memeriksanya dengan menghubungkan langsung kutub (+) pada dinamo menuju kutub (+) aki dengan kabel yang besar. Hubungkan kutub (+) dinamo dengan massa atau bodi motor yang mengandung logam. Apabila dinamo masih kondisi baik maka dinamo dapat berputar saat arus listrik sudah dihubungkan.

Demikian cara sederhana mengecek kerusakan pada electric starter motor Anda.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top