Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Nyaman Tapi Tetap Aman

Memilih Kaca Film

Memilih kaca film yang tepat untuk mobil bukan cuma sekedar gelap tapi juga ada faktor lain. Ini karena memilih kaca film yang tepat disamping bisa membuat nyaman juga berkaitan dengan keselamatan.

Jakarta, Autos.id – Pemakaian kaca film pada mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan karena berbagai alasan seperti kenyamanan, perlindungan dari sinar matahari atau memberi tampilan lebih keren.

Alasan yang sering dikaitkan dengan kaca film adalah mengurangi cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin. Dengan demikian, maka suhu kabin akan terasa lebih nyaman dibandingkan kaca yang tidak dipasang kaca film.

Selain itu, paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dan sinar infra merah pada kulit tentu memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Kedua hal diatas berhubungan dengan kenyamanan. Lalu bagaimana jika alasannya bergeser pada keselamatan?

Memilih Kaca Film

Jangan Sembarangan Pasang Kaca Film

Kaca film telah menjadi kebutuhan, namun penggunaan kaca film yang terlampau gelap justru membuat pengemudi sulit untuk mengawasi jalan saat malam, sehingga rentan terhadap kecelakaan. Untuk itu aplikasi kaca film pada permukaan kaca film perlu memperhatikan beberapa hal.

Berikut tips memilih kaca film yang tepat untuk mobil:

  • Para pengguna kaca film sebaiknya menggunakan kaca film dengan gelap ideal 40 %. Hal ini lebih nyaman karena bisa tetap mempertahankan visibilitas ke arah luar namun masih mampu menahan pancaran sinar matahari yang berlebihan.
  • Perhatikan sifat Interior Reflection (IR) dari kaca film yang merupakan efek pantulan yang muncul saat penumpang melihat ke luar. Misalnya saat melihat ke luar bayangan Anda terefleksi oleh kaca film. Jika IR tinggi hal ini tentunya akan mengganggu, karena itu semakin rendah visibilitas Anda.
  • Gunakan kaca film dengan tingkat visibilitas yang tinggi dapat membantu mengidentifikasi jarak stoplamp kendaraan lain di depan yang terlihat redup sehingga pengemudi mampu membaca obyek di depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...

Tips

Last updated on 15 Oktober, 2022 Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...