Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Cegah Tabrakan saat Berkendara dengan Motor di Jalan Licin

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami hujan bahkan di musim panas sekalipun.

Autos.id  –  Berkendara saat hujan adalah tantangan bagi siapapun bahkan bagi pengendara ahli sekalipun, karena resiko kecelakaan meningkat saat jalan basah terkena hujan. Memang jalan licin tidak akan dapat dihindari. Namun, Anda tetap bisa menghindari kemungkinan kecelakaan di saat melewati jalan yang licin seperti itu lewat beberapa latihan dan tips dari kami.

Berikut adalah kiat-kiat bagi Anda agar Anda bisa tetap aman bahkan jikalau melewati jalan licin akibat hujan.

Jangan Langsung Berkendara Setelah Hujan

Segera setelah hujan, jalanan dipenuhi minyak, cairan, kotoran, dan lumpur. Berkendara di saat seperti ini bukanlah ide yang baik, karena ini merupakan titik paling licin pada jalan. Namun, jikalau Anda dalam keadaan darurat di mana Anda harus tetap berkendara, Anda harus berusaha menjaga jarak dari kendaraan lain.

Hindari Melewati Cairan Berwarna

Saat melewati jalan yang licin, mungkin Anda akan melihat air dengan bercak warna pelangi. Saat berkendara perhatikan dengan serius jalan atau lintasan yan terdapat bercak seperti itu. Jika Anda melihat ada bercak pelangi atau permukaan yang mengkilap, hindarilah karena itu mungkin sangatlah licin. Bercak pelangi ini bisa berupa minyak terapung, yang lebih licin dan berbahaya daripada air atau lumpur.

Tetap Berkendara dengan Lambat

Mengemudi dengan kecepatan tinggi setelah hujan bisa jadi sangat berisiko. Tidak peduli seberapa menantangnya cuaca hujan bagi Anda, kami sangat menyarankan untuk menghindari mengebut. Kecepatan tinggi sangat berbahaya, terutama saat berkendara di jalan licin atau lereng. Selain itu, berkendara dengan kecepatan lebih lambat dapat memberikan kontrol yang lebih baik di jalan yang licin.

Perhatikan Rem

Salah satu hal yang paling menantang untuk dikuasai saat berkendara di jalan basah adalah rem. Pelajari dan kuasai semua teknik pengereman. Kami menyarankan Anda memeriksa sistem pengereman pada sepeda Anda sebelum berangkat pada saat musim hujan. Sangat ideal juga bagi Anda untuk bisa menggunakan rem depan dan belakang dengan lihai saat bepergian di jalan yang licin.

Cengkeraman dan Tekanan Ban

Yang terakhir, Anda harus membiasakan diri untuk memeriksa kondisi ban sepeda Anda sebelum Anda pergi keluar bahkan jika belum terlihat hujan untuk berjaga-jaga. Periksa tekanan ban dan cari tanda-tanda kebocoran. Elemen penting lainnya yang harus diperiksa di sini adalah cengkeraman ban. Pastikan ban dapat cukup untuk memberi Anda traksi yang diperlukan untuk berkendara dengan aman di jalan licin.

Semoga Anda bisa tetap menjaga keamanan saat berkendara di jalan licin. Silahkan share artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga dapat tetap aman.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Filter udara pada motor karburator membutuhkan perawatan ekstra, karena komponen ini menjaga bensin agar tetap bersih sampai di ruang bakar mesin Jakarta, Autos.id –...

Tips

Selain bodi, bagian lain dari motor yang perlu diperhatikan adalah rem. Perawatan rem pasca terkena air hujan wajib dalam menjage kinerja rem. Jakarta, Autos.id...

Tips

Last updated on 27 April, 2016 Perempuan naik motor juga harus mengenal safety riding. Karenanya pemotor perempuan wajib memperhatikan hal-hal berikut agar selalu aman...

Tips

Last updated on 20 April, 2016 Jakarta, Autos.id – Jika dipakai sehari-hari apalagi sering melewati jalan yang tidak mulus atau bahkan penuh lubang, rantai...