Tips

Tips Berkendara Sendirian agar Tak Kena Kejahatan di Jalan

Tips berkendara sendirian perlu dijadikan tameng keselamatan bagi pengendara. Apalagi saat ini modus kejahatan di jalanan beragam.

Jakarta, Autos.id – Melakukan perjalanan seorang diri kadangkala membuat setiap pengendara menjadi was-was dan takut. Apalagi bila pengendara tersebut adalah seorang wanita. Dalam hal ini, seorang pengendara membutuhkan tips berkendara sendirian mengingat dewasa ini banyak sekali kasus kejahatan di jalan.

Banyaknya modus kejahatan di jalanan yang sering menimpa pengendara di siang dan malam hari pada akhirnya membuat semua pihak prihatin. Dilansir dari situs resmi NTMC Polri, ada sejumlah cara menghindari aksi kejahatan saat berkendara sendirian.

Berikut penjelasannya:

Memeriksa kondisi kendaraan yang hendak digunakan

Sebelum merencanakan perjalanan seorang diri, seorang pengendara disarankan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan. Hal ini karena para penjahat akan memanfaatkan kondisi kendaraan dalam melancarkan aksinya.

“Saat kendaraan mengalami masalah, bisa saja para penjahat berpura-pura menolong padahal barang-barang Anda sedang dalam incaran mereka”

Mempelajari tehnik untuk membela diri

Mempelajari tehnik bela diri tidak ada salahnya dijadikan sebagai tips berkendara sendirian demi keselamatan. Pasalnya, bisa saja di waktu tertentu Anda akan membutuhkannya. Anda dapat mengikuti serangkaian latihan bela diri atau menyediakan benda-benda yang berguna untuk melindungi diri.

 

Hati-hati saat naik taksi

Satu dari sekian banyak modus yang digunakan penjahat sekarang ialah bekerja sama dengan sopir taksi. Modus ini identik dengan PDKT terhadap penumpang. Demi keamanan, saat naik taksi sebaiknya Anda tidak lupa mencatat identitas sopir dan nomor pintunya.

Anda juga dapat membuat status yang memperlihatkan kedua hal tersebut. Namun, bila penumpang ingin lebih aman disarankakan untuk memesan taksi dari perusahaan terpercaya.

Memastikan tempat tujuan dengan jelas

Bila tempat tujuan adalah tempat yang belum pernah dikunjungi sebaiknya Anda mencari informasi mengenai tempat tersebut. Informasi bisa didapat dari internet atau bertanya pada orang-orang yang pernah ke tempat tujuan tersebut. Bila tempat tujuan banyak terjadi kejahatan, pastikan jalan mana saja yang paling rawan.

Berikan kabar pada orang terdekat

Tips berkendara sendirian selanjutnya mengharuskan pengendara memberitahukan rencana perjalanan ke tempat tujuan kepada orang-orang terdekat. Beritahukan tempat tujuan dengan jelas dan terperinci kepada mereka. Bila perlu, saat sudah sampai tempat tujuan gambarkan dengan jelas tempat tersebut.

Jangan mudah percaya agar terhindar dari kejahatan

Ketika Anda berbicara dengan orang yang baru saja dikenal, jangan sekali-sekali membicarakan hal penting seperti nama lengkap, alamat rumah, lokasi kerja ataupun nama keluarga. Bisa saja mereka memanfaatkan informasi tersebut untuk melakukan aksi kejahatan kepada Anda.

Selalu waspada di semua tempat

Setelah memarkir kendaraan, jangan lupa untuk mengamankan semua barang berharga Anda. Jangan lupa untuk memastikan kendaaraan Anda sudah terkunci. Selalu pastikan lokasi parkir kendaraan Anda.

Terakhir, tips berkendara sendirian agar tidak terjebak kejahatan ialah pastikan untuk melihat keadaan di sekitar saat hendak melakukan komunikasi lewat telephone. Kemudian usahakan untuk selalu berada di area yang luas agar bila terjadi kejahatan Anda bisa lebih mudah melarikan diri.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top