Tips

Tips Atasi Lampu Utama Motor Mati Cek Kabel Bodi

Tips Lampu Utama Motor Mati

Ketika lampu utama motor mati maka jangan langsung menilai jika bohlamnya putus atau terjadi konsleting, karena bisa jadi kabel bodi yang putus.

Jakarta, Autos.id – Bermotor pada malam hari tentu membutuhkan lampu, khususnya lampu utama atau headlamp. Namun tak jarang kerap kita mengalami masalah naas ketika tiba-tiba lampu utama motor mati walaupun bohlamnya masih terbilang baru.

Masalah lampu utama motor mati ini pastinya akan membuat kesal. Tapi yang lebih penting dari itu bagaimana cara cepat agar lampu tersebut kembali bersinar.

Bila lampu masih baru, tapi tetap mati dan setelah di cek switch, bohlam dan soket tidak rusak maka masalahnya bisa jadi ada pada kabel bodi yang putus sehingga tidak mengantar arus dari saklar

Banyak penyebab lampu utama motor mati seperti switch rusak, dan lainnya. Bila lampu masih baru, tapi tetap mati dan setelah di cek switch, bohlam dan soket tidak rusak maka masalahnya bisa jadi ada pada kabel bodi yang putus sehingga tidak mengantar arus dari saklar.

Tips Lampu Utama Motor Mati

Cek Kabel Bodi

Untuk itu penanganannya lakukan pengecekan soket kabel penghubung lampu dengan soket kontak. Setelah dipastikan tidak ada arus listrik langsung saja siapkan sepotong kabel penyambung kabel bodi karena kabelnya pasti putus.

Setelah itu sambungkan kabel bodi yang terdiri dari 2 warna, pilih warna merah (soket kabel body kontak). Disambung dengan kabel switch yang terdiri dari 6 warna. Pilih kabel warna hitam (soket kabel switch).

Setelah kedua sambungan terpasang, lampu utama pasti kembali normal lagi. Cara ini hanya dalam keadaan darurat dan setelah sampai dirumah periksa lagi kabel bodi dan rapihkan sambungan kabel agar tidak terjadi kosleting.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top