Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips 5 Ciri Ban yang Harus Diganti

Seperti halnya komponen kendaraan bermotor lainnya, ban juga perlu diganti jika memang sudah waktunya. Berikut lima ciri ban yang harus diganti.

Jakarta, Autos.id – Umumnya semua orang tahu apa itu fungsi ban dan bagaimana merawatnya. Namun pengguna kendaraan kerap kali kurang mengetahui kapan saat yang tepat ciri ban yang harus diganti.

Keausan ban selalu menjadi patokan penggantian ban. Tetapi ada beberapa tanda yang menunjukan sudah saatnya mengganti ban baru untuk keselamatan pengendara. Berikut cara mengenal kondisi fisik ciri ban yang harus diganti:

1. Tapak ban sudah terlihat sangat tipis.
Kondisi ini sering disebut juga ban mengalami kegundulan pada permukaannya. Ban yang sudah gundul ini tentu harus segera diganti agar tak membahayakan pengendara kendaraan tersebut atau pengguna jalan lain.

ciri ban yang harus diganti

Ban Benjol Tanda Harus Segera Diganti

2. Terdapat banyak tambalan di badan ban.
Biasanya ban mobil atau motor yang bocor maka solusinya ditambal di jasa tambal ban pinggir jalan atau di gerai jual beli ban. Namun jika jumlah tambalan pada permukaan ban sudah terlalu banyak maka sebaiknya Anda mengganti ban tersebut.

3. Dinding ban atau sidewall tire yang robek.
Jika permukaan atau tapak ban yang bocor maka solusi sementara bisa dengan ditambal. Namun jika sudah dinding ban yang mengalami kebocoran atau robek, tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan pemilik kendaraan, untuk itu ban perlu segera diganti.

ciri ban yang harus diganti

Robek Dinding Ban Berbahaya

4. Terdapat benjolan pada permukaan ban.
Dikenal dengan istilah ban benjol, kondisi ini biasanya menjadi indikasi pertama jika dinding ban akan robek atau pecah. Sebelum ban benar-benar pecah maka ada baiknya jika ban sudah benjol langsung diganti.

5. Karet ban mengalami getas dan pecah-pecah.
Indikatornya permukaan ban terasa jauh lebih keras dibanding ban pada umumnya. Karet pada ban tidak lagi elastis biasanya akibat usia pakai ban yang sudah terlalu lama. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa meledak jika terkena benda tajam.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...