Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Ternyata Ini Fungsi Carbon Cleaner Pada Mobil dan Cara Menggunakannya

Carbon cleaner.
Carbon cleaner. (Sumber: Wuling)

Carbon cleaner menjadi salah satu ‘alat’ yang dapat membuat performa mobil membaik.

Autos.id – Jangan khawatir jika performa mobil Anda menurun akibat kotoran yang menumpuk di ruang bakar. Anda tidak perlu segera membawanya ke bengkel.

Untuk memastikan kondisi ruang bakar optimal, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa masalah ini dapat diatasi dengan mudah di rumah menggunakan carbon cleaner mobil. Dengan menggunakan cairan ini, semua kotoran dan kerak yang terbentuk akibat pembakaran akan terangkat dengan mudah.

Menjaga kebersihan ruang bakar mobil adalah hal penting agar performa mobil tetap optimal. Jika ruang bakar kotor dan terdapat kerak, performa kendaraan secara keseluruhan dapat menurun. Oleh karena itu, penggunaan carbon cleaner menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Mungkin Anda penasaran mengenai apa itu carbon cleaner mobil, fungsi dan tips memilihnya? Berikut ini akan dijelaskan secara detail.

Proses menggunakan carbon cleaner mobil.

Proses menggunakan carbon cleaner mobil. (Sumber: Qoala)

Mengenal Carbon Cleaner

Carbon cleaner adalah sebuah cairan yang umum digunakan untuk membersihkan kerak dan kotoran yang menumpuk di dalam ruang bakar kendaraan. Fungsi utama dari cairan ini adalah membantu menghilangkan karbon yang terdapat pada piston, karburator, dan throttle body.

Tersedia berbagai jenis carbon cleaner mobil yang dapat Anda temukan di pasaran, mulai dari jenis semprot hingga bentuk foam atau busa. Setiap jenis memiliki keunggulan dan harga yang berbeda-beda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Meskipun berbeda jenis, fungsinya tetap sama, yaitu membantu membersihkan kerak di dalam ruang pembakaran.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Oli Pada Mobil

Fungsi Carbon Cleaner

Carbon cleaner merupakan salah satu cairan yang sangat penting dalam industri otomotif dan mekanik. Cairan ini memiliki manfaat yang besar dalam menjaga dan merawat mesin kendaraan agar tetap berfungsi secara optimal.

Fungsi utama carbon cleaner adalah sebagai cairan pembersih untuk menghilangkan kerak yang menempel pada mesin kendaraan. Selain itu, cairan ini juga berperan dalam menghilangkan kelembaban yang ada di dalam ruang bakar kendaraan.

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari carbon cleaner yang perlu diketahui:

1.Membersihkan Kerak yang Menempel

Fungsi utama carbon cleaner adalah membersihkan kotoran yang menempel pada ruang bakar mesin. Kendaraan yang sering digunakan cenderung akan mengalami penumpukan kerak dan sisa pembakaran. Kotoran ini perlu dibersihkan agar performa mesin tetap optimal.

2.Menghilangkan Kelembaban dalam Ruang Bakar

Carbon cleaner juga berfungsi untuk menghilangkan kelembaban yang ada dalam ruang bakar. Keadaan ini umumnya terjadi saat kendaraan digunakan saat musim hujan. Air yang masuk ke karburator dapat mengganggu performa mesin, sehingga perlu dibersihkan.

3.Meningkatkan Performa Kendaraan

Fungsi lain dari carbon cleaner adalah meningkatkan performa kendaraan secara keseluruhan. Ruang bakar yang bersih akan membuat akselerasi mesin lebih responsif, sehingga kendaraan lebih bertenaga saat digunakan. Selain itu, karburator yang bersih juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

 

Tips Memilih Carbon Cleaner

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih carbon cleaner yang baik dan berkualitas untuk kendaraan:

1.Hindari Zat Asam dan Amonia

Ketika memilih carbon cleaner, hindarilah produk yang mengandung zat asam dan zat amonia. Penggunaan carbon cleaner dengan kandungan zat-zat tersebut dalam ruang bakar dapat menyebabkan karat pada mesin dan berdampak negatif pada performa kendaraan.

2.Pilih Carbon Cleaner yang Tidak Menghasilkan Panas

Carbon cleaner yang baik adalah yang tidak menghasilkan panas saat digunakan di dalam ruang pembakaran mesin. Memilih cairan carbon cleaner yang panas justru dapat merusak lapisan piston atau rumah silinder. Sebelum digunakan, disarankan untuk melakukan tes terlebih dahulu guna memastikan apakah carbon cleaner tersebut menghasilkan panas atau tidak.

3.Sesuaikan dengan Tipe Mesin Kendaraan

Tips lain dalam memilih carbon cleaner yang tepat adalah memilih sesuai dengan tipe mesin kendaraan Anda. Setiap jenis carbon cleaner memiliki kandungan dan spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis yang sesuai dengan tipe mesin kendaraan Anda untuk mendapatkan performa yang optimal.

Cara menggunakan carbon cleaner mobil.

Cara menggunakan carbon cleaner mobil. (Sumber: Carmudi)

Cara Menggunakan Carbon Cleaner

Secara umum, penggunaan dan aplikasi carbon cleaner cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaplikasikannya:

  1. Hidupkan mesin kendaraan dan biarkan selama 10-15 menit.
  2. Buka ruang filter udara kendaraan.
  3. Lepaskan busi yang terpasang pada kendaraan.
  4. Pastikan posisi semua piston sejajar dengan benar.
  5. Semprotkan carbon cleaner ke dalam setiap lubang busi mobil hingga cairan muncul ke permukaan.
  6. Biarkan cairan carbon cleaner bekerja selama 15 menit untuk membantu melonggarkan kerak yang menempel di dalam ruang bakar.
  7. Gunakan pompa hisap untuk menghisap sisa cairan carbon cleaner yang ada di dalam ruang bakar hingga benar-benar kering.
  8. Pasang kembali busi ke posisi semula dan nyalakan mesin kendaraan hingga mencapai suhu yang hangat.

Baca juga: Jenis Suspensi Mobil Yang Sering Dipakai

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!