Tips

Suara Mesin Tak Seimbang, Bisa Jadi Gejala Mobil Mogok!

Gejala mobil mogok

Mobil mulai tidak nyaman dikendarai dan suara mesin menjadi tidak seimbang, ini bisa jadi gejala mobil mogok. Awas, masih ada gejala lainnya!

Jakarta, Autos.id – Pernahkah Anda mengalami hal yang kurang menggenakkan saat mengemudi salah satunya suara mesin yang tidak seimbang atau dengan kata lain tarikan kendaraan menjadi berat dan terkesan seret? Ini bisa jadi adalah gejala mobil mogok. Tak ingin bukan perjalanan mudik Anda terganggu lantaran mobil mogok?

Setiap orang sudah pasti mengharapkan perjalanan mudik yang nyaman, aman dan berjalan dengan lancar. Sehingga bisa sampai tujuan dengan selamat dan tepat waktu. Sayangnya, harapan tersebut terkadang terkendala lantaran performa mobil yang menurun. Performa mobil yang mulai menurun bisa dilihat dari kondisi mobil mogok saat perjalanan pulang kampung.

penyebab mobil mogok ada beragam salah satunya suara mesin tidak seimbang

penyebab mobil mogok ada beragam salah satunya suara mesin tidak seimbang

Karena itu, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk peka terhadap kondisi kendaraaan saat dikemudikan. Termasuk mencermati gejala mobil mogok saat perjalanan. Hal ini mengingat, setiap mobil yang mogok akan memperlihatkan gejala-gejala tertentu.

“Mobil yang mogok memperlihatkan banyak gejala diantaranya suara mesin tidak seimbang, mobil berjalan ndut-ndutan dan AC bermasalah”

Beberapa orang salah kaprah mengenai kondisi kendaraan yang sudah tidak bertenaga. Ada yang mengira hal tersebut merupakan satu diantara banyak gejala mobil mogok. Padahal, kondisi ini belum tentu adalah tanda dari mobil akan mogok.

Sebaliknya, tanda-tanda mobil akan mengalami mogok bisa dilihat dari beberapa hal misalnya kendaraan yang terada ndut-ndutan saat mesin sedang menyala. Hal tersebut senada dengan penjelasan dari Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor atau ADM, Anjar Rosjadi.

Dikutip dari laman liputan6 (27/05), Anjar menjelaskan bahwa ciri mobil yang diprediksi akan mengalami mogok adalah jalan yang ndut-ndutan.  Gejala kedua yaitu suara mobil menjadi pincang serta tidak seimbang. Bahkan ritmenya menjadi terasa berbeda.

Anjar melanjutkan penjelasannya bahwa apabila suara mesin mobil sudah tak seperti hari-hari biasa, dikhawatirkan kondisi ini mengakibatkan mobil menjadi mogok. Biasanya, pemilik mobil sudah mengerti betul suara mesin kendaraan tersebut karena mobil dikendarai setiap hari. Karena itu, bila suaranya sudah mulai pincang, pasti pemilik kendaraan akan merasakan perbedaan.

Selain gejala mobil mogok tersebut, Anjar pun menyebutkan bahwa AC mobil yang sudah terasa berbeda seperti tidak terasa dingin bisa jadi masuk ke dalam gejala tersebut. AC mobil menjadi panas lantaran mesin mengalami overheat. Ini mengakibatkan mesin barangkali menjadi mogok.

Sederhananya, air radiator yang kurang diperhatikan sehingga mengalami kebocoran bahkan habis, dalam kurun waktu yang lama juga menjadi penyebab mesin overheat dan merembet pada kinerja mesin sehingga mobil mudah mogok. Gejala mobil mogok ini sudah sepatutnya kita cermati ya apalagi menjelang musim mudik seperti sekarang ini!

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top