Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Sewa Bus untuk Liburan Panjang? Ini Tipsnya

Bus pariwisata.
Bus pariwisata. (Sumber: WisataSiana)

Libur panjang dapat manfaatkan untuk berwisata bersama keluarga dengan sewa bus, dan ada sejumlah tips yang bisa dilakukan.

Autos.id – Libur panjang tahun ini tampaknya terasa lebih spesial. Hal ini karena status PPKM telah dicabut, membuat perayaan Imlek tahun 2023 diprediksi lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ditambah lagi pemerintah menetapkan hari Senin, 23 Januari 2023 sebagai cuti bersama dan kemungkinan cuti bersama lainnya. Hal ini tentu membuat banyak orang tergugah untuk memanfaatkan waktunya dan liburan bersama keluarga. Ini merupakan waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga.

Meskipun PPKM telah dicabut, jangan lupa untuk terus menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang Anda lakukan.

Salah satu cara untuk menghindari interaksi dengan orang-orang yang tidak dikenal saat berlibur adalah dengan menyewa bus. Dengan menyewa bus, liburan panjang akan terasa semakin istimewa karena Anda punya banyak waktu untuk saling berinteraksi dengan teman dan keluarga sepanjang perjalanan.

Dan berikut adalah tips berwisata saat libur Imlek dengan menyewa bus:

Berwisata menggunakan bus.

Berwisata menggunakan bus. (Sumber: Travel Kompas)

1. Tentukan Jumlah Rombongan

Jika Anda akan menyewa bus untuk rombongan keluarga, buatlah daftar sederhana berisi nama-nama anggota keluarga yang akan ikut. Ini bisa membantu Anda dalam menentukan kapasitas bus yang akan disewa. Misalnya berapa banyak anak-anak dan orang tua yang akan menjadi penumpang.

 

2. Tentukan Tujuan dan Biaya

Mengingat hari Imlek, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai destinasi ikonik yang bernuansa Imlek. Sebelum berangkat, cobalah melakukan survei terlebih dahulu. Cara ini dapat membantu Anda membuat rute perjalanan, biaya, serta menentukan kapasitas bus yang akan digunakan.

 

3. Tentukan Jenis Bus

Setelah menyusun rencana perjalanan, jangan lupa untuk memilih jenis bus yang akan ditempuh. Jika Anda merencanakan untuk melakukan perjalanan jauh bersama banyak orang, termasuk orang yang berusia lanjut, sebaiknya Anda memilih bus yang dilengkapi dengan toilet.

Bus yang dilengkapi dengan toilet dapat menampung hingga 40 orang, sangat cocok untuk digunakan oleh keluarga besar.

Bus sewaan dengan ukuran kecil dan medium dapat menjadi pilihan ideal ketika Anda tidak ingin terlalu merepotkan diri dengan berbagai mobil yang pergi bersama. Selain itu, dari segi biaya dan kenyamanan pastinya gunakan bus kecil akan terasa lebih efisien daripada gunakan beberapa mobil kecil.

Pada umumnya, bus kecil memiliki kapasitas antara 13-15 penumpang tergantung pada jenis armadanya. Sementara itu, bus medium dapat menampung hingga 35 orang.

 

4. Booking Bus agar sewa-nya lebih aman

Pastikanlah ketersediaan bus yang akan Anda gunakan untuk menikmati liburan Imlek 2023. Bukan hanya orang-orang Tionghoa yang menikmati momen ini, banyak orang juga menggunakan momentum ini untuk berkumpul dan mengunjungi keluarga maupun teman.

Cari penyedia jasa sewa bus yang dapat menawarkan kemudahan dalam proses pemesanan dan pastikan untuk memilih perusahaan yang sudah terpercaya.

Ilustrasi wisata keluarga menggunakan bus.

Ilustrasi wisata keluarga menggunakan bus. (Sumber: Wandi Trans)

5. Siapkan Payung dan Jas Hujan

Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa hujan yang turun saat merayakan Imlek akan membawa keberuntungan dan kemakmuran. Selain itu, biasanya perayaan tahun baru Imlek jatuh pada bulan Januari atau Februari, ketika masih termasuk musim hujan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila curah hujan cukup tinggi pada periode tersebut.

Maka, penting sekali bagi Anda untuk membawa payung atau jas hujan sebagai persiapan, agar liburan Anda tetap menyenangkan.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Banyak masyarakat yang menikmati libur panjang saat Imlek karena cuti bersama, namun ada tips meninggalkan sepeda motor yang tidak boleh dilewatkan. Autos.id – Cuti...

Tips

Hari Raya Imlek tahun 2023 akan berlangsung pada 22 Januari, dan ada tips yang dipercaya mendatangkan keuntungan saat mengemudi. Autos.id – Hari Raya Imlek...

Tips

Merayakan Imlek dengan berlibur menggunakan dan menyetir mobil sendiri memang mengasyikkan, namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Autos.id – Pada Senin, 23 Januari...

Berita Otomotif

Transport Express Jaya menjadi salah satu PO (Perusahaan Otobus) yang menghadirkan unit bus baru. Autos.id – PO Transport Express Jaya dengan bangga menghadirkan armada...