Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Setir, Bagian Terkotor Mobil, yang Harus Dirawat

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka,

Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil mereka seminggu sekali, baik di tempat cuci mobil maupun mencuci sendiri. Memang hal ini sangat bagus bagi keberlanjutan mobil kita, namun ada satu bagian yang sering dilupakan atau bahkan jarang dibersihkan yaitu interior mobil.

Sebuah survei oleh CarRentals.com menemukan bahwa 32 persen pemilik mobil membersihkan bagian dalam mobil mereka hanya setahun sekali, dan 12 persen tidak pernah membersihkan bagian dalam mobil sama sekali.

Terus terang, itu cukup menjijikkan, terutama mengingat banyak pengemudi (sekitar 20 persen) juga makan dan minum saat di dalam mobil.

Bahkan, salah satu penelitian menunjukka ada sekitar 700 jenis bakteri berbeda yang mungkin berkembang biak di dalam mobil Anda. Hal ini ditimbulkan dari kebiasaan makan dan minum dan kemudian menyentuh permukaan interior mobil Anda. Dan tempat terburuk di dalam mobil, menurut survei, sebenarnya adalah setir mobil Anda. Ini enam kali lebih kotor dari layar smartphone, empat kali lebih jahat dari kursi toilet umum dan dua kali lebih kotor dari tombol di lift.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah lebih peduli dengan kebersihan bagian dalam mobil Anda, terutama setir. Namun, tenang saja, kami sudah menyiapkan cara yang cocok untuk membersihkan setir Anda sebagai berikut.

Langkah Pertama

Sama seperti saat membersihkan karpet, hal pertama saat membersihkan setir adalah menghilangkan semua kotoran dari permukaan setir. Gunakan kain mikrofiber untuk menghindari kemungkinan tergores dan tambahkan pembersih untuk bahan kulit dalam jumlah yang disarankan. Anda bahkan dapat menggunakan pembersih yang dirancang untuk sepatu kulit jika Anda dalam keadaan darurat. Namun, ingat jangan pernah menggunakan pembersih serba guna saat membersihkan roda kemudi kulit, jok atau bagian lain dari kendaraan Anda. Pembersih ini dapat menyebabkan kerusakan pada setiap bagian mobil Anda yang berbahan kulit, jadi sebaiknya gunakan pembersih yang dirancang khusus.

Setelah pembersih ditambahkan ke handuk atau kain bersih Anda, usap perlahan di atas setir untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk. Pastikan untuk tidak bekerja terlalu keras, karena Anda dapat berisiko merusak permukaan setri. Setelah Anda membersihkannya sebanyak mungkin, gunakan kain atau handuk bersih yang baru dan bersihkan sisa pembersih agar setir tidak lembab.

Langkah Kedua

Setelah membersihkan setir kotor, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengisi kembali oli kulit. Ini akan membantu roda kemudi Anda mempertahankan kelembutan dan fleksibilitasnya sambil tetap membuatnya tahan lama. Yang Anda butuhkan hanyalah kondisioner untuk bahan kulit yang bagus.

Tuangkan kondisioner sedikit ke telapak tangan Anda dan pijat dengan lembut ke kulit selama sekitar satu hingga dua menit. Selanjutnya, biarkan minyak dalam kondisioner terserap ke dalam bahan kulit dari kemudi selama sekitar 30 menit sebelum menggosok sisa kondisioner dengan handuk mikrofiber bersih.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...

Tips

  Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan. Autos.id  –  Karena, ban...

Tips

Musim hujan telah tiba, dan banjir akan melanda beberapa wilayah di tanah air, ada baiknya melakukan pencegahan sebelum kendaraan kita terendam banjir Jakarta, Autos.id ...