Tips

Sedang Puasa, Begini Tips Mengemudikan Mobil Supaya Tidak Emosi!

tips mengemudikan mobil

Saat puasa, kamu perlu tips mengemudikan mobil supaya tidak emosi! Pasalnya, jalanan ibukota terkenal macet tingkat tinggi yang bisa bikin emosi!

Jakarta, Autos.id – Puasa adalah salah satu ibadah yang dilaksanakan umat muslim di dunia termasuk di Indonesia. Saat puasa, kita harus melawan lapar, dahaga dan hawa nafsu. Dengan begitu, puasa ramadhan akan berjalan dengan aman. Namun, tahukah kamu saat puasa kita membutuhkan tips mengemudikan mobil. Mengapa?

Hal ini karena jalanan di ibukota yang macet. Lantas apa hubungannya jalanan yang macet, puasa dan tips khusus mengemudikan mobil saat puasa? Ketiga hal tersebut memiliki hubungan yang erat. Bayangkan, bila saat sedang berpuasa kita terjebak dengan kemacetan yang panjang. Padahal kita sedang terburu-buru? Tentu hal tersebut sangat mengganggu bukan?

Karena perjalanan terganggu, bisa jadi kita cepat marah dan mengeluarkan kata-kata yang seharusnya tidak perlu dikatakan.

berada di kemacetan membuat pengemudi menjadi mudah emosi

berada di kemacetan membuat pengemudi menjadi mudah emosi

Padahal, di bulan puasa sebisa mungkin umat muslim harus belajar menahan diri untuk tidak marah. Namun, karena terjebak dalam kemacetan, secara tidak sadar kita marah dan hal tersebut bisa mempengaruhi pahala puasa.

“Kemacetan seringkali membuat pengemudi emosi. Saat puasa hal ini harus diantisipasi dengan beberapa tips”

Berkaca dari kasus tersebut, sudah seharusnya kita menerapkan tips mengemudikan mobil di saat bulan puasa supaya tidak cepat emosi melintasi jalanan yang macet. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan mulai sekarang.

  1. Berangkat mengemudi lebih awal

Berangkat kerja atau aktifitas lain di luar rumah sebaiknya dilakukan lebih awal. Selain agar tidak terlambat, membiasakan diri beragkat kerja lebih awal saat puasa dapat menjadi solusi yang efektif guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Marah adalah salah satunya. Dengan memajukan jadwal berangkat kerja kita tida perlu marah-marah lagi terjebak kemacetan jalanan ibukota.

  1. Membiasakan diri sabar terhadap pengemudi lain

Tips mengemudikan mobil saat bulan puasa agar tidak emosi salah satunya adalah membiasakan diri untuk bersikap sabar kepada pengemudi lain. Terkadang, ada kalannya kita berada di dekat pengemudi yang membawa kendaraan tidak sesuai dengan aturan.

Atau ada pula yang justru melambatkan laju kendaraan dan seakan-akan menutupi jalur berkendara kita. Dalam menyikapi hal ini, cara terbaik adalah sabar dan berusaha memahami kondisi saat itu. Meksi kamu meluapkan emosi pada waktu tersebut, sayangnya hal tersebut malah membuat puasa menjadi terganggu bukan?

  1. Waspada saat menyalip kendaraan lain

Menyalip bukan lagi kata-kata tabu bagi setiap pengendara. Hal ini mengingat terkadang kendaraan yang berada di depan kita menjalankan kendaraan dengan sangat pelan sehingga kita sendiri yang merasa jengkel pengendara tersebut.

Karena merasa jengkel, pastilah kita akan dikuasi emosi. Namun, apabila kita meluapkan emosi kepada pengendara tersebut pastilah tidak efektif. Untuk mengatasinya adalah dengan menyalip kendaraan yang ada di depan. Tapi, berhati-hatilah saat hendak menyalip. Apalagi bila kendaraan yang akan disalip adalah truk. Sebelum menyalip sebaiknya nyalakan klakson agar kendaraan di sekitar kamu mengerti.

Nah, itulah deretan tips mengemudikan mobil agar tidak mudah emosi saat puasa. Selamat mencoba!

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top