Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Penyakit Toyota Rush Bekas Generasi Pertama

Toyota Rush generasi pertama.
Toyota Rush generasi pertama. (Sumber: STC Japan)

Ingin beli SUV kompak dengan harga murah? Jangan sembarangan, terutama yang jadi tujuan adalah Toyota Rush.

Autos.id – Toyota Rush generasi pertama, yang sering disebut sebagai Rush ‘Konde’, masih tetap diminati banyak orang dalam kondisi bekas. Mobil ini mudah ditemui di pasaran mobil bekas.

Toyota Rush generasi pertama ini masih mempertahankan kesan sebagai Jip dengan adanya ban serep di bagian belakang yang mirip dengan konde. Dalam hal perawatan dan daya tahan, LSUV (Low Sport Utility Vehicle) ini termasuk mobil yang cukup kuat. Namun, terdapat beberapa masalah yang sering ditemui pada Rush ‘Konde’ ini.

Tampilan belakang Toyota Rush generasi pertama.

Tampilan belakang Toyota Rush generasi pertama. (Sumber: STC Japan)

Kaki-Kaki Rentan

Salah satu masalah yang paling umum dialami oleh pemilik Toyota Rush adalah pada bagian kaki-kaki atau suspensi. Terutama untuk model generasi pertama, atau yang disebut Rush ‘konde’, model tahun 2007 hingga 2009 sering mengalami masalah suspensi.

Hal ini disebabkan oleh tampilannya yang tangguh dan ground clearance yang tinggi. Banyak pengguna yang suka melintasi jalan rusak atau jalanan bergelombang tanpa mengurangi kecepatan.

Jika hal yang disebutkan dilakukan secara berulang, suspensi dapat menjadi aus lebih cepat dan mengalami masalah, seperti pada bearing roda atau bushing. Sementara tanda-tanda bahwa bearing mengalami masalah adalah muncul suara dengung dan menghasilkan kebisingan di bagian depan yang terdengar hingga masuk ke dalam kabin.

Untuk memeriksa kondisi kaki-kaki dan suspensi mobil, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan uji coba alias test drive. Jika pemilik menemui kejanggalan pada suspensi, sebaiknya memeriksa terlebih dahulu di bengkel yang spesialis dalam kaki-kaki. Sementara untuk mengatasi masalah ini, disarankan mengganti komponen yang rusak dengan biaya sekitar Rp500 ribu hingga Rp800 ribu.

Baca juga: Mau Beli Hyundai Creta? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kemudi Toyota Rush generasi pertama.

Kemudi Toyota Rush generasi pertama. (Sumber: STC Japan)

Tips Beli Toyota Rush Bekas

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa odometer yang menunjukkan angka yang lebih tinggi dari rata-rata penggunaan tahunan. Perlu diketahui bahwa jumlah, kilometer ideal untuk mobil dalam setahun berada sekitar 20.000 km.

Yang berikutnya, periksa juga kelengkapan dokumen dan surat-surat kendaraan. Membeli mobil over kredit bukanlah masalah, tapi pastikan mobil berada dalam kondisi yang baik dan tidak memiliki jumlah kilometer yang terlalu tinggi untuk usia kendaraannya. Periksa juga riwayat servis berkala untuk memastikan mobil selalu mendapatkan perawatan yang diperlukan secara rutin.

Kursi penumpang Toyota Rush generasi pertama.

Kursi penumpang Toyota Rush generasi pertama. (Sumber: STC Japan)

Sekarang ini, harga mobil bekas Toyota Rush sekitar Rp 80 jutaan untuk generasi pertama. Sementara model yang lebih baru rata-rata dijual seharga Rp 125 jutaan.

Baca juga: BMW E46, Harga Bekas, Keunggulan, dan Penyakitnya

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Jakarta, Autos.id  –  Dengan semangat continuous improvement, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan peningkatan tampilan dan fitur New Rush GR Sport sebagai salah satu kendaraan...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

error: Content is protected !!