Tips

PSBB Membuat Mobil Anda Terparkir Lama? Berikut Tips Agar Tidak Mogok!

Jakarta, Autos.id- Bagi kalian pemilik kendaraan terpaksa memarkir mobilnya cukup lama karena adanya aturan Regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diterapkan di sejumlah wilayah di Indonesia. Untuk menekan penyebaran virus corona COVID-19 pemerintah memberlakukan regulasi PSBB. Aturan ini membuat mobil kesayangan menjadi jarang digunakan. Salah satu dampak dari aturan ini adalah mobil kesayangan jadi mangkrak di garasi rumah anda. Sesekali ajak tes jalan mobil anda setelah lama tidak dipakai akibat PSBB. Tujuannya untuk menormalkan profil tapak ban yang lama diam dan sebagainya. Pastinya anda tidak mau bukan jika mobil anda terkena imbas dari dampak COVID-19. Simak info berikut ini ya!

Ada beberapa risiko yang harus diwaspadai saat memarkirkan kendaraan dalam jangka waktu lama, misalnya seperti ban kempes atau kemasukan binatang liar. Oleh sebab itu, harus melakukan beberapa langkah pencegahan supaya kejadian tersebut tidak terjadi pada kendaraan kesayangan anda. Jaga selalu tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan berkurang lebih cepat ketimbang ban yang dipakai setiap hari. Untuk itu, sebaiknya anda rajin mengecek dan mengisinya sesuai standar.

Cuci selalu mobil anda serta periksa berbagai kompenen yang ada di dalam bagian-bagian mobil, karena khwatir hewan-hewan seperti tikus yang gemar menggerogoti kompenen-komponen tersebut. Untuk menghindari hal itu, anda juga perlu memakirkan kendaraan anda di tempat yang tepat dan bersih tentunya. Hal terakhir anda harus mengajak kendaraan anda sedikit mengeliliki sekitar daerah perumahan anda. Dengan membawa mobil di sekitar kediaman, anda dapat mengecek fungsi rem mobil secara keseluruhan. Baik itu mobil yang didukung sistem ABS atau tidak. Bahkan fungsi power steering jika ada kendala pun dapat langsung dirasakan. Selain itu , anda dapat cek langsung fungsi AC (Air Conditioner). Apakah kualitas dingin di dalam kabin masih normal atau tidak? Begitu juga dengan hembusan anginnya apakah masih normal atau tidak. Hal yang terpenting adalah saat lakukan test drive ini yakni memastikan kondisi ban terutama tekanan anginnya masih bagus. Mobil yang lama tidak jalan biasanya akan mengurangi tekanan angin ban. [may/ech]

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top