Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Pertimbangkan, Ini Dia Efek Ganti Pelek Toyota Agya!

Last updated on 7 Maret, 2022

Ingin memodifikasi Toyota Agya? Sudah tahu belum efek ganti pelek Toyota Agya tanpa pertimbangan? Cek risikonya demi keamananmu!

Jakarta, Autos.idMemodifikasi adalah hal biasa bagi setiap pemilik kendaraan termasuk pemilik Toyota Agya. Salah satu bagian yang dimodifikasi biasanya berupa peleknya. Tapi tanpa disadari efek ganti pelek Toyota Agya berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pengemudi lho.

Umumnya, modifikator akan mengganti pelek bawaan pabrik alias asli dengan produk aftermarket. Tentu saja pelek aftermarket tersebut dipilih berdasarkan selera pemilik kendaraan itu sendiri. Model kendaraan Toyota Agya sendiri sebenarnya sudah terlihat sporty.

Akan tetapi, masih banyak pemilik mobil yang mengingingkan moda transportasi ini terlihat lebih garang dengan cara memodifikasi bagian peleknya. Merubah pelek mobil ini menjadi lebih besar dari model aslinya yang berukuran 14 inci adalah salah satu contohnya.

Baca juga: Modifikasi Pelek Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Cukup Pakai 15 Inci

Ganti pelek Toyota Agya bisa pengaruhi kenyamanan berkendara

Dikutip dari laman Viva.co.id (16/2/18), Ketua umum Toyota Agya Club, M Lukman Hakim menyebutbutkan bahwa standar pelek untuk Toyota Agya yaitu 14 inci. Apabila dinaikkan menjadi 15 inci masih bisa dengan suspensi standar. Akan tetapi berbeda dengan ukuran 16 ke atas.

“Tapi kalau naik ukuran 16 atau 17 inci, pasti sudah banyak penyesuaian”

Lukman Hakim juga meneruskan, untuk ukuran di atas membutuhkan banyak penyesuaian misalnya saja ganti shock. Hal inilah yang perlu kita waspadai. Efek ganti pelek Toyota Agya sudah pasti harus menjadi pertimbangan kita.

Mengganti pelek kendaraan roda empat dengan ukuran yang lebih besar tentu saja nantinya akan memunculkan masalah lainnya. Hal ini mengingat semakin besar ukuran pelek yang dimiliki, maka energi yang dibutuhkan dalam melaju pun semakin besar.

Tanpa disadari efek ganti pelek Toyota Agya mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Apalagi sebenarnya peran pelek yaitu untuk gaya. Semakin besar ukuran peleknya, maka diameternya pun akan lebih besar. Karena itu, secara otomatis tenaga yang dibutuhkan oleh mesin dalam menggerakkan mobil akan menjadi lebih besar. Hal tersebut yang bisa memengaruhi efisiensi bahan bakar.

Pada dasarnya, modifikasi sering dilakukan dalam dunia otomotif. Akan tetapi, ada baiknya juga memikirkan segi keamanan, keselematan dan kenyamanan dalam berkendara. Jangan sampai, langkah modifikasi yang diambil malah justru tidak menguntungkan pengguna jalan lainnya.

Setiap modifikasi yang dilakukan pada kendaraan pasti memiliki efek mengingat belum tentu sama dengan yang buatan pabrik yang asli. Merubah pelek menjadi naik, ban menjadi lebih tipis barangkali bisa mengurangi kenyaman saat berkendara.

Karena itu, bila Anda berniat untuk memodifikasi, sebaiknya perhatikan dahulu efek ganti pelek Toyota Agya sehingga nantinya tidak berdampak pada kenyamanan saat berkendara!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...

Tips

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka, Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil...

Tips

  Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan. Autos.id  –  Karena, ban...