Tips

Penting! Perhatikan Tips Aman Berkendara saat Hujan

Tips aman berkendara saat musim hujan perlu diperhatikan setiap pengendara. Hal Ini mengingat saat musim hujan jalanan lebih licin.

Jakarta, Autos.id – Musim hujan seringkali menghalangi kenyamanan para pengendara saat berada di jalanan. Bagaimana tidak, saat musim hujan jalanan yang tadinya kering menjadi lebih licin. Belum lagi kondisi jalan yang tergenang air hujan membuat banyak orang harus waspada dan selalu memperhatikan tips aman berkendara.

Dikutip dari laman Viva.co.id, Jusri Pulubuhu seorang Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) memiliki tips aman berkendara saat cuaca hujan yang dapat ditiru oleh setiap pengendara.

Tips pertama ialah memastikan kendaraan sudah layak jalan. Ban depan dan belakang, kondisi lampu serta kelistrikan harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal buruk saat sedang berkendara. Misalnya saja lampu tiba-tiba mati atau busi yang tidak berfungsi saat terkena air hujan.

Kedua, selalu bawa jas hujan two pieces yang berwarna terang. Pemilihan warna terang dimaksudkan agar jas hujan tersebut terlihat lebih jelas saat hujan lebat. Hal ini menguntungkan bagi si pengendara dan pengendara lain yang sedang melintas.

“Kalau pun menggunakan jas hujan berwarna hitam, sebaiknya pastikan ada scotlight supaya jas hujan tersebut bisa terlihat jelas oleh pengemudi lainnya yang berada di belakang”

Selanjutnya, sebisa mungkin hindari menggunakan sandal dan sebaliknya gunakan sepatu yang menutupi mata kaki. Apabila motor dilengkapi dengan box, pengendara disarankan untuk membawa pakaian ganti demi tetap menjaga kesehatan tubuh.

Tips berkendara aman saat cuaca hujan lainnya ialah memacu kendaraan dengan kecepatan tidak terlalu tinggi dan selalu waspada dengan kondisi jalanan. Kondisi jalanan yang basah akibat guyuran hujan menyebabkan cengkraman ban menjadi berkurang. Dalam kondisi ini, bila pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi besar kemungkinan terjadi slip.

Saat berada di jalanan mungkin saja pengendara melewati genangan air di sisi jalan atau bahkan tengah. Genangan air tersebut sebaiknya dihindari mengingat pengendara tidak mengetahui dengan persis seberapa dalam lubang genangan air. Jangan memaksakan berkendara di bawah kubangan air karena air yang mengenai bagian mesin dapat menyebabkan mesin mati.

Menghindari pengereman mendadak adalah tips aman berkendara terakhir saat berada di jalanan yang licin. Aquaplaning bisa saja terjadi apabila pengendara mengerem kendaraan secara mendadak saat ban berada di antara genangan air. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan pengendara karena kendaaran kehilangan kendali dengan kecepatan yang tinggi.

Itulah sebabnya setiap pengendara harus memperhatikan tips aman berkendara dan senantiasa mengecek kondisi rem dalam keadaan prima saat harus berkendara dalam cuaca hujan. Dengan begitu, pengendara bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top