Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Menggunakan Sarung Mobil Ternyata Malah Bahaya, Mengapa?

menggunakan sarung mobil

Last updated on 22 Maret, 2022

Awas, menggunakan sarung mobil saat kondisi hujan dan tidak mengangkatnya saat panas malah menjadi biang masalah. Bahayanya jamur bisa tumbuh di mobil!

Jakarta, Autos.id – Menggunakan sarung mobil bukan hal baru lagi bagi setiap pemilik kendaraan. Apalagi dewasa ini produsesn banyak yang memproduksi sarung mobil dengan berbagai macam motif, bahan hingga warna yang menarik. Sehingga mobil yang tertutup oleh sarung mobil selain terlindungi dari cuaca akan tampak menarik.

Sarung mobil sendiri digunakan untuk melindungi mobil dari berbagai macam cuaca mulai dari hujan hingga panas. Biasanya sarung mobil akan terus dibawa dan digunakan pada saat mobil terparkir. Namun, siapa sangka di sisi menguntungkan pemilik kendaraan, penggunaan sarung mobil juga bisa merugikan.

Biasanya hal ini terjadi pada pemilik kendaraan yang tidak mempunyai garasi luas atau cukup untuk menaruh kendaraan besar seperti mobil. Untuk menyiasatinya, pemilik mobil akan menaruh atau istilahnya memarkir kendaraan tersebtu di luar ruangan pada saat cuaca hujan.

Baca juga: Tips Memilih Sarung Mobil Agar Tak Salah Pilih

Dengan catatan masih menutupi mobil menggunakan sarung mobil. Hal tersebut konon dianggap hal yang wajar dan tepat. Apalagi hal tersebut juga dianggap bisa melindungi mobil dari cuaca panas maupun hujan sehingga cat pada mobil tetap maksimal.

Menggunakan sarung mobil pada saat yang tidak tepat menimbulkan jamur pada cat mobil

Menggunakan sarung mobil pada saat yang tidak tepat menimbulkan jamur pada cat mobil

Sayangnya, mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut bisa berdampak buruk pada mobil. Menggunakan sarung mobil pada saat cuaca hujan dan kemudian sarung tersebut mengering karena terkena panas matahari justru akan menjadi biang permasalahan.

Dilansir dari laman Viva (3/5), Chief Executif Officer dari Otogard, Jumhan Raharjo Jalal menyebutkan bahwa cover atau sarung mobil akan menempel apalagi tidak semua bahan cover menyerap air.

“Bahan yang tidak menyerap air akan menempel pada bodi mobil dan berpotensi menimbulkan jamur di permukaan cat”

Raharjo pun menjelaskan bahwa penyebab munculnya jamur adalah efek dari penggunaan cover yang tidak maksimal dalam menyerap air. Oleh sebab itu, apabila hendak memilih cover mobil sebaiknya pemilik mobil mengusahakan memilih yang telah dilapisi bahan lembut atau busa.

Sehingga dapat sarung mobil tersebut benar-benar dapat melindungi cat mobil dari panas maupun hujan serta udara lembab. Agar tidak mendatangkan jamur sebaiknya pemilik kendaraan juga tidak lupa untuk segara membasuh atau mencuci menggunakan air bersih dan mengelap hingga benar-benar kering.

Terakhir, ia juga menjelaskan bahwa karat tidak akan muncul karena pemilik mobil menggunakan sarung mobil hingga mengering terkena panas matahari. Namun, karat bisa saja muncul apabila mobil sebelumnya terendam banjir. Potensi yang paling besar ialah munculnya bercak atau jamur pada bodi mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...

Tips

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka, Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil...

Tips

  Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan. Autos.id  –  Karena, ban...