Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mengetahui Perbedaan Tangki Bensin Berbahan Besi dan Plastik

lubang tangki mobil
Lubang tangki bahan bakar

Last updated on 7 Maret, 2022

Tangki bahan bakar tidak hanya sebatas lubang saja. Komponen ini juga memiliki konstruksi dan material yang berbeda-beda.

Jakarta, Autos.id Pasti banyak yang menyangka kalau tangki bahan bakar mobil itu semuanya sama saja. Namun sebenarnya, tangki bahan bakar mobil terbagi atas dua jenis, yakni yang berbahan besi, dan plastik.

Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, perlu untuk diketahui kalau baik tangki bahan bakar berbahan besi maupun plastik tetaplah mempunyai fungsi yang sama, yakni untuk menyimpan atau menampung bahan bakar dalam jumlah tertentu di kendaraan.

Selain itu, pada umumnya tangki bahan bakar terletak bagian belakang kendaraan. Hal itu bertujuan untuk mencegah kebocoran apabila kendaraan mengalami benturan.

Kendati memiliki fungsi yang sama, tapi lantaran memiliki bahan yang berbeda, sudah barang tentu ada perbedaan teknis di antara keduanya. Apa saja perbedaannya?

Untuk tangki bensin berbahan besi, ia tergolong rentan terhadap kapasitas bahan bakar jika kerap dibiarkan berisi seperempat atau kurang. Kalau dibiarkan dalam jangka panjang, itu bisa menyebabkan karat.

Karat ini timbul karena adanya uap air di tangki akibat jumlah bahan bakar yang terlalu sedikit, serta menyisakan ruang kosong yang terlampau besar.

Baca juga: Siapa Sangka, Mengisi Bensin Full Tank Ternyata Berbahaya!

Tangki bahan bakar mobil

Tangki bahan bakar mobil

Sementara tangki bensin berbahan plastik memang minim potensi untuk mengalami karat. Tapi, uap air yang terkumpul dalam tangki bisa saja mengikat kotoran yang tak hanya berasal dari tangki, tapi juga bisa dari tangki timbun di SPBU yang kondisinya belum tentu bersih sempurna.

Kalau sudah begitu, saringan bahan bakar jadi komponen pertama yang terkena dampak, sebab ketika mesin dihidupkan dan pompa bahan bakar bekerja, maka kotoran akan tersangkut di saringan ini.

Jika saringan bahan bakar sudah terlalu kotor, maka kinerja saringannya jadi terganggu, sebaiknya ganti saringan bahan bakarnya karena terkadang, membersihkannya saja tidak cukup.

Di samping semua perbedaan tadi, pasti ada kelebihan dan kekuarangan yang dimiliki oleh tangki bahan bakar berbahan besi ataupun plastik.

Tangki bahan bakar yang terbuat dari besi lebih kuat dari plastik karena pemakaian material besi membuat tangki bahan bakar jadi lebih kaku dan kokoh.

Kelemahan tangki bahan bakar besi adalah karat atau korosi. Salah satu sumber korosi di tangki bahan bakar adalah endapan air yang ada di dasar tangki.

Kelemahan lain adalah tangki bahan bakar besi bobotnya lebih berat dipanding plastik dan tangki bahan bakar besi tidak memiliki fungsi ekspansi seperti yang berbahan plastik. Yang dimaksud dengan fungsi ekspansi adalah kemampuan menjaga tekanan di dalam tangki agar tidak keluar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Mengingat harga BBM yang naik, apakah menggunakan motor listrik benar-benar jadi solusi? Autos.id – Beberapa waktu lalu pemerintah Indonesia mengumumkan kenaikan harga BBM (bahan...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...

Tips

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka, Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil...