Tips

Mengenal Teknik Pencucian Mobil Terbaru Waterless Car Wash

waterless car wash

Tak menimbulkan baret, waterless car wash jadi tehnik modern dalam pencucian mobil. Benarkah teknik ini tidak menggunakan air? Cari tahu jawabannya!

Jakarta, Autos.id – Mencuci mobil bukan bal baru bagi pemilik kendaraan. Selama ini ada dua pilihan dalam mencuci mobil. Pertama ialah dengan menyerahkan permasalahan tersebut kepada bengkel cuci mobil. Kedua ialah mencuci kendaraan sendiri. Salah satu tehnik terbaru dalam mencuci mobil ialah waterless car wash.

Teknik tersebut konon lebih mudah dan aman untuk kendaraan karena tidak menimbulkan bekas baret pada permukaan cat mobil. Meski mencuci mobil tujuannya adalah untuk membuat mobil lebih bersih dan warnanya kembali cantik, sayangnya cara mencuci mobil yang salah justru membuat cat mobil tergores.

seseorang menggunakan cairan waterless car wash untuk mencuci mobil

seseorang menggunakan cairan waterless car wash untuk mencuci mobil

Karena alasan inilah, kebanyakan orang memilih untuk menyerahkan permasalahan pencucian mobil kepada bengkel cuci. Selain menghemat waktu, pencucian juga dilakukan dengan tenaga profesional dan peralatan yang memadai.

“Waterless car wash merupakan inovasi baru industri car care dengan teknik pencucian mobil tanpa menggunakan air tanah”

Berbeda dengan mencuci mobil di rumah yang dilakukan sendiri serta peralatan seadanya. Tak hanya itu, hasilnya belum tentu bersih sama dengan hasil pencucian di bengkel cuci mobil. Di luar negeri, industri car care rupanya punya cara menangani hal tersebut yaitu dengan waterless car wash.

Tahukah kawan Autos, beberapa negara menghimbau untuk tidak mencuci mobil dengan menggunakan air. Karena itu, sejumlah negara kemudian mengembangkan teknik baru mencuci mobil waterless car wash.

Lantas seperti apa sebenarnya teknik tersebut? Teknik baru tersebut merupakan teknik mencuci mobil tanpa menggunakan air melainkan dengan menggunan cairan khusus. Cairan tersebut terbuat dari bahan polimer.

Konon cairan tersebut efektif dalam menangkap debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil. Bahkan sebenarnya ada beberapa produk cairan untuk mencuci mobil tersebut yang sudah dilengkapi dengan lapisan wax. Lapisan ini berperan untuk melindungi cat kendaraan sehingga tidak mudah beret saat dibersihkan.

Bagaimana prosesnya? Prosesnya dimulai dengan menyemprot seluruh bodi mobil mulai dari bagian kaca hingga pelek dengan menggunakan cairan khusus tersebut. Setelah itu, bagian yang sudah disemprot dapat dilap serta dikeringkan dengan memanfaatkan lap microfibre.

Biasanya mencuci mobil dengan teknik baru yang satu ini membutuhkan waktu kurang lebih mencapai 20 menitan. Bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pencucian ini? Jangan khawatir, untuk pencucian mobil dengan teknik baru tersebut hanya membutuhkan biaya sekitar 50 ribuan saja.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan vacuum interior, semir ban hingga wax. Nah, menariknya tidak hanya bisa dilakukan di bengkel cuci mobil, teknik mencuci mobil tersebut bisa diaplikasikan oelh pemilik kendaraan sendiri.

Pemilik mobil dapat membeli produk cairan waterless car wash kemudian dan mencoba mengaplikasinnya di rumah.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top