Tips

Memperbaiki Lampu Sein yang Tidak Berkedip

Lampu Sein Tidak Berkedip
Lampu Sein Tidak Berkedip Berbahaya

Kondisi lampu sein tidak berkedip bisa menimbulkan bahaya karena dapat membingungkan pengendara lain. Karenanya berikut cara cek kondisi lampu sein tidak berkedip.

Jakarta, Autos.id – Lampu sein berfungsi memberi tanda pada kendaraan lain saat kita ingin berbelok. Bisanya lampu sein yang normal berkedip saat diaktifkan. Namun terkadang kita menemukan sein menyala layaknya headlamp dan tidak berkedip.

Lampu sein tidak berkedip dan terus menyala malah berbahaya karena bisa menjadi signal yang salah dan menyebabkan miskomonikasi antar pengendara di jalan, karena itu pengendara perlu memeriksa sein karena kemungkinan ada malfungsi pada komponennya.

Kondisi lampu sein tidak berkedip sering terjadi akibat masalah pada bagian flasher atau bagian kabel-kabelnya. Karenanya lakukan cek pada bagian ini untuk mengetahui apakah flasher beserta kebalnya sudah perlu di ganti.

Lampu Sein Tidak Berkedip

Cek Flasher Mungkin Rusak

Berikut cara memperbaiki lampu sein yang tidak berkedip akibat flasher rusak :

  • Siapkan perlengkapan seperti obeng untuk membuka body motor agar mudah menemukan masalahnya.
  • Setelah membuka batok motor, temukan letak flasher motor Anda. Biasanya pada motor baru, flasher berada di body sebelah kiri sepeda motor.
  • Setelah menemukan flasher, buka dan periksa socket penghubung arusnya, kemungkinan aliran arus pada socket mengalami gangguan seperti kabel pada soket kendor atau putus. Jika tidak maka flashernya yang mengalami kerusakan sehingga harus diganti.
  • Jika lampu sein masih tidak berkedip, setelah socketnya di utak-atik, maka cabut flasher lama dari dudukannya dan ganti dengan flasher baru karena dipastikan flashernya tidak berfungsi lagi.
  • Setelah diganti. Cek lagi, apakah lampu sein telah bekerja dengan baik. Jika normal maka gangguannya ada pada flasher lampu.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top