Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Makna Larangan Menyalakan Mesin Kendaraan di Pom Bensin

larangan menyalakan mesin kendaraan di pom bensin

Saat mengisi BBM di pom bensin, Anda pasti melihat tanda larangan menyalakan mesin kendaraan. Kira-kira apa makna dari larangan tersebut?

Jakarta, Autos.id – Mengisi BBM atau bahan bakar minyak kendaraan di pom bensin barangkali menjadi aktifitas rutin yang Anda lakukan setiap hari. Benar saja, kebutuhan BBM untuk kendaraan memang tidak bisa dipisahkan lantaran setiap harinya kita menggunakan kendaraan tersebut untuk segala aktifitas. Saat berada di pom bensin, rupanya ada larangan menyalakan mesin kendaraan yang harus dipatuhi.

Sayangnya, hingga kini masih banyak pengguna kendaraan yang belum memahami pentingnya aturan mematikan mesin kendaraan ketika melakukan pengisian bahan bakar minyak di pom bensin. Percaya atau tidak, saat sudah berada di stasiun pengisian bahan bakar umum, mesin kendaraan harus sudah dalam keadaan mati.

Bahkan hal tersebut sudah menjadi aturan yang harus ditaati oleh semua pemilik kendaraan lho. Dikutip dari laman Viva.co.id (29/10/ 2017), Dolf Valentino, Kepada Bengkel Astra Internasional Daihatsu Pangeran Jayakarta menjelaskan bahwa alasan utama larangan menyalakan mesin kendaraan saat mengisi bensi di SPBU ialah untuk keselamatan bersama dan keamanan.

“Pada saat mengisi BBM di SPBU, amannya pengemudi mobil harus selalu mematikan mesinnya”

Lebih lanjut, Dolf Valentino juga menambahkan bahwa saat mesin kendaraan menyala, sistem pengapian kendaaran masih bekerja. Hal ini berbahaya terlebih di area SPBU masih terdapat banyak uap bensin. Apabila terjadi kebocoran di dalam sistem kelistrikan maka mesin kendaraan yang masih menyala dapat memicu terjadinya kebakaran.

kebakaran bisa terjadi akibat mesin kendaraan yang masih menyala

Karena itu, mematikan mesin saat sedang mengisi bahan bakar minyak di SPBU dapat meminimalkan potensi kebakaran tersebut. Kebakaran yang terjadi di SPBU sendiri terjadi lantaran tiga hal. Pertama adanya udara. Kedua yaitu bahan bakar yang menguap. Ketiga yaitu adanya api. Bila salah satu faktor tersebut dapat diantisipasi maka kebakaran pun kemungkinan besar tidak terjadi.

Karena itu larangan menyalakan mesin kendaraan saat mengisi bensin di SPBU sudah sepatutnya diperhatikan oleh setiap pengendara. Demi keselamatan diri sendiri dan orang lain, sebaiknya saat berada di pom bensin pastikan untuk selalu mematikan mesin kendaraan.

Uap panas yang memiliki temperatur tinggi dan adanya udara serta kebocoran listrik mobil akan memicu adanya api. Bila sudah begini maka kebakaran tak bisa dihindarkan. Bayangkan karena kecerobohan dan ketidakpatuhan kita saat berada di SPBU dapat memicu kebakaran besar. Bahkan hal tersebut bisa membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain.

Jadi, mulai sekarang jangan abaikan larangan menyalakan mesin kendaraan saat sedang mengisi bahan bakar minyak di pom bensin agar tak memicu kebakaran yang membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...

Tips

Last updated on 15 Oktober, 2022 Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus...

Berita Otomotif

Maraknya penjualan mobil listrik dan naiknya harga BBM membuat masyarakat berpikir untuk mengubah sistem pada mobil konvensional. Autos.id – Belakangan ini, mobil listrik semakin...