Tips

Kiat Merawat Eksterior Mobil Tanpa Biaya Mahal

Kiat merawat eksterior mobil seringkali dilupakan. Padahal shock absorber, kaca hingga inquiry mobil adalah bagian yang sering terkena residu sampo mobil.

Jakarta, Autos.id – Banyak orang mengabaikan perawatan eksterior mobil lantaran perawatannya yang rumit dan membutuhkan biaya. Padahal, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Setiap orang dapat memanfaatkan kiat merawat eksterior mobil tanpa biaya mahal lho.

Salah satu bagian mobil yang seringkali dilupakan pada saat melakukan perawatan yaitu panel plastik hitam di eksterior, lis bodi, kaca mobil, bumper hingga trim yang berada di sekitar wiper. Biasanya bagian-bagian tersebut seringkali terkena sisa sampo mobil yang sudah mengering.

Sehingga pencucian mobil yang dilakukan sebelumnya meninggalkan residu di atasnya. Karena itu, setiap pemilik mobil disarankan untuk memperhatikan kebersihan mobil terutama saat mencuci mobil.

Sebenarnya perawatan eksterior bisa dilakukan dengan mudah tanpa biaya yang mahal. Dilansir dari tribunnews.com (20/10/2017), berikut adalah kiat dalam merawat eksterior sebuah mobil agar tetap terlihat mewah dan elegan.

Melakukan pencucian mobil di waktu yang tepat

Hal yang sering diabaikan oleh kebanyakan pemilik mobil ialah waktu pencucian mobil. Kiat merawat eksterior mobil yang pertama ialah tidak mencuci mobil di bawah paparan sinar matahari langsung. Hal ini untuk mengantisipasi cat mobil yang cepat pudar.

“Sebaiknya, cucilah mobil di pagi hari. Pada saat mencuci mobil pastikan pula untuk mematikan mesin dan mesin dalam keadaan dingin”

Anda dapat membersihkan bagian mobil yang kotor menggunakan air tawar. Beberapa bagian seperti shock absorber depan dan belakang, inquiry mobil dan kaca mobil juga perlu dibersihkan.

Menggunakan sampo mobil dengan busa lembut

Kiat merawat eksterior mobil selanjutnya ialah dengan memilih produk sampo yang menghemat air dan ramah lingkungan. Meski saat ini ada banyak produk sampo yang bisa dibeli, akan tetapi sebaiknya Anda memilih sampo yang menghasilkan busa lebih lembut.

Tuangkan sampo pada spons basah dan bersihkan eksterior mobil. Kemudian bilas seluruh bodi mobil dengan air. Jangan lupa untuk melakukan pengeringan setelah mencuci mobil. Hal ini untuk mencegah bercak di permukaan kaca dan cat mobil.

Memperhatikan cara pengelapan dan bahan lap

Agar bagian eksterior mobil tetap terjaga, pemilik mobil juga perlu memperhatikan prosedur saat menggunakan lap. Mengelap mobil tak boleh dilakukan dengan asal-asalan.

Sebaiknya pilihlah lap seperti kanebo atau yang terbuat dari kulit. Pasalnya bahan tersebut mudah menyerap air. Lebih dari itu, penggunaan kanebo juga menghindarkan mobil dari goresan.

Jangan gunakan lap yang terbuat dari katun. Lap yang terbuat dari katun sering menyimpan partikel kecil. Partikel kecil inilah yang membahayakan cat mobil. Hati-hati dalam mengelap mobil agar cat tidak mudah rusak.

Kiat merawat ekterior mobil terakhir yaitu memastikan bahwa bodi mobil terbuat dari bahan yang kuat. Sehingga tidak mudah peyok dan tergores saat dibersihkan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top